Forum Pelajar Sadar Akan Hukum

BANDUNG – Sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 180.05/Kep. 648-Disdik/2018 tentang tim pembinaan kesadaran hukum dan hak asasi manusia Pro­vinsi Jawa Barat, serta Draf Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang forum pelajar sadar hukum dan hak asasi manusia Provinsi Jawa Barat, dibentuklah Forum Pemuda Sadar Hukum (FPSH) bagi siswa pelajar di tingkat SMA, SMK, dan MA.

Ketua FPSH Jawa Barat, Nandi mengatakan FPSH merupakan program sinergi­tas antara instansi diantaranya yaitu Dinas Pendidikan Pro­vinsi Jawa Barat, Kemenkum­ham Kanwil Jawa Barat, Badan Narkotika Nasional, Polda Jawa Barat, Kementrian Aga­ma dan Kejaksaan Tinggi Negeri. Sesuai dengan SK yang telah disebutkan, forum ter­sebut memilkkk tugas untuk membantu siswa di sekolah untuk meningkatkan kesada­ran hukum.

”Harapannya setiap sekolah bisa menyosialisasikan forum ini dan intinya juga bisa me­ningkatkan kesadaran hukum. Sehingga bisa lebih meng­gelorakan lagi bahwa forum ini adalah salah satu cita cita luhur kita, dari pemimpin masa lalu kepada pemimpin-pemimpin masa depan. Dan juga meningkatkan Jabar se­bagai provinsi sadar hukum untuk kedepannya,” ujar Nandi pada Rapat Koordi­nasi Pembinaan Kesadaran Hukum di Gedung Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr. Radjiman, Kota Bandung, seperti dilansir laman Disdik Jabar.

Pada pemaparannya, Nan­di menjelaskan program kerja yang telah dilaksanakan FPSH diantaranya adalah sosialisasi dan pengukuhan duta hukum dan HAM kabu­paten/kota, deklarasi forum pelajar sadar hukum dan HAM di sekolah dan kabupaten/kota, kunjungan pada lapas anak dan kanim imigrasi, turut membina di lapangan kegiatan kawah kepemimpi­nan pelajar (KKP), serta ma­sih banyak lagi.

Selain itu, program kerja yang sedang dilakukan diantaranya melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Ham Tingkat Nasional, lomba desain poster di ka­langan pelajar, persiapan kampanye Jabar Tolak Into­leransi, apel memperingati hari Ham Sedunia yang diik­uti SMA, SMK, MA se-Jawa Barat, serta penataan struktur administrasi dan kesekreta­riatan TIM Sinergitas.

”Adapun program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2019 meliputi konsolidasi, jambore sadar hukum, train­ing, study lapangan, seminar, kolaborasi, sampai deklarasi,” ujar Nandi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan