Debat Pengaruhi Elektabilitas Paslon

BANDUNG – Anggota Tim Pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, Yod Mintaraga menyebutkan elektabilitas nomor urut empat hingga saat ini masih baik.

Bahkan Yod mengklaim dari hasil survei internal cenderung meningkat terutama pasca acara Debat Publik di Universitas Indonesia Depok beberapa waktu lalu. Dimana pihaknya meyakini nilai elektabilitas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi terus meningkat dan akan dipertahankan sampai pemungutan dan perhitungan suara nanti.

”Saya kira ini bagian dari strategi kami, untuk meningkatkan elektabilitas. Dan semoga setelah acara Debat Publik yang ke-dua di UI Depok. Calon pemilih yang awalnya masih ragu memilih nomor 4 tidak ragu lagi. Dan yang sudah pasti memilih nomor 4 akan konsisten memilih nomor 4,” kata Yod Mintaraga pada Jabar Ekspres.

Untuk makin memperkuat elektabilitas Paslon Deddy-Dedi, pihaknya pun akan mempersiapkan diri untuk menghadapi debat ketiga. Pada debat pamungkas itu, pasangan nomor urut 4 akan lebih baik daripada debat sebelumnya. Terutama kata Yod, dalam lebih meyakinkan banyak masyarakat untuk memilih Paslon Deddy Mizwar dengan Dedi Mulyadi.

”Karena tidak bisa dipungkiri. Keberhasilan acara debat sangat banyak mempengaruhi banyak hal, terutama meyakinkan calon pemilih. Karena didalam acara debat bisa dilihat cara penyajian, penyampaian dan kemampuan pasangan calon menguasai masalah yang tengah dihadapi Jabar atau hanya kuat di retorika saja,” tambahnya.

”Tentunya pasangan calon nomor urut 4 ini, Deddy Mizwar dengan Dedi Mulyadi sangat berpengalaman dan menguasai masalah yang tengah dihadapi Jabar dan siap dengan berbagai solusi untuk Jabar,” tutupnya.

Hal berbeda justru terjadi pada Paslon nomor 3. Usai acara debat itu, justru sejumlah pengamat dan lembaga survei menilai adanya penurunan elektabilitas. Meski demikian Ketua Tim Pemenangan pasangan nomor urut tiga, Sudrajat dengan Ahmad Syaikhu, Haru Shuandaru, mengaku tetap optimistis dapat memenangkan Pilgub Jabar.

Meksipun sebut dia, banyak pihak termasuk lembaga survei dan pengamat telah menyampaikan nilai elektabilitas pasangan calon yang didukungnya itu cenderung terus menurun.

Keoptimsian Haru, lantaran masih ada waktu untuk meningkatkan kembali nilai elektabilitas. Karenanya pihaknya akan lebih memaksimalkan waktu kampanye yang tinggal sebulan lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan