Ciptakan Kesetaraan Gender Melalui PUG-PPRG

SUMEDANG – Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PPG) dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), digelar Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini, dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Pemberadayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sumedang, kemarin (14/8).

Peserta pelatihan, merupakan perwakilan SKPD se- Kabupaten Sumedang, yang dilakukan atas kerjasama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak bermitra dengan perguruan tinggi. Yaitu, dosen/ pengajar dari STKIP Sebelas April Sumedang sebagai narasumber pemberi materi pelatihan.

Kabid PPA Dian Putri Muslih menyebutkan, pelatihan itu merupakan upaya untuk mengembangkan kapasitas kelembagaan dalam rangka menciptakan kesetaraan gender. Sebelumnya, Kabupaten Sumedang mendapatkan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya.
“Maka, kami memgadakan pelatihan PPG untuk menciptakan kesetaraan gender, khususnyal fasilitas-fasilitas di lingkungan SKPD,” ujarnya.

Menurutnya, PPG bukan hanya tanggung jawab Dinsos saja, namun juga semua pemangku kebijakan. Pemkab Sumedang juga berkomitmen membangun Sumedang yang responsif gender.

“Program yang memastikan semua gender mempunyai peran, mendapatkan akses dan manfaat yang adil dalam pembangunan daerah,” katanya lagi.

Terpisah, seorang narasumber, Pupung Rahayu mengatakan semua SKPD diharapkan mempunyai program yang responsif gender. Program kerja SKPD, harus bisa memfasilitasi semua gender. Dari mulai anak-anak, laki-laki, perempuan, manula hingga disabilitas.

“Fasilitas gender yang ada di Sumedang harus ditingkatkan, di mana harus ada fasilitas untuk laki-laki, perempuan, anak-anak, disabilitas dan manula,” katanya.

Narsum lainnya yang juga dari STKIP Sebelas April Sumedang, Yusfita MPd menyebutkan, kegiatan pelatihan seperti ini sangat menarik. Sebab, mampu menambah pengetahuan terkait penguatan untuk mengawal PPRG.

Setiap OPD yang jadi leading sektor bisa lebih meningkatkan koordinasi dan komitmen untuk mendorong percepatan PPG di Sumedang.
“Sebelumnya, STKIP sebelas April Sumedang telah bermitra pada penganugerahan Kota Layak Anak (KLA), kali kita juga ikut serta dalam peraihan APE,” ujar Yusfita. (atp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan