Besok Rekap Suara Pilgub

BANDUNG – Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat direncanakan selama dua hari yakni mulai 7-9 Juli 2018.

Meski kegiatan itu berjalan paralel dengan penerimaan pendaftaran calon legislatif, DPD, dan komisioner KPU Kabupaten/Kota. Menurut Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Data, Ferdhiman Bariguna, pihaknya akan tetap fokus pada penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara.

”Hingga siang ini (kemarin, Red), kami sudah menerima 9 kotak suara dari KPU Kabupaten/Kota,” kata Ferdhiman Bariguna, saat ditanya wartawan di Kantor KPU Jawa Barat Jalan Garut Nomor 11 Bandung, kemarin (5/7).

Ferdhiman menargetkan sisa kotak suara dari KPU Kabupaten/Kota bisa tuntas hari ini (6/7). Kesembilan KPU Kabupaten/Kota yang sudah menyampaikan kotak suara adalah: Kota Tasikmalaya, Kabupaten Subang, Kota Depok, Kabupaten Kuningan, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Banjar.

Informasi dihimpun dari hasil rapat pleno terbuka penghitungan suara di KPU Kabupaten Sumedang pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum masih menduduki peringkat tertinggi dengan perolehan 235.744 disusul pasangan calon nomor empat, Deddy Mizwar- Dedi Mulyadi) : 178.590, diposisi tiga pasangan calon nomor urut tiga Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan 134.274 suara dan paling buncit  pasangan calon nomor urut dua, Tb Hasanuddin-Anton Charlyan dengan 82.862.

Dikatakan ketua KPU Sumedang Hersa Santosa, jumlah pemilih di Kota Tahu meningkat dari Pilkada lalu. Jika sebelumnya 78 persen lebih saat ini menembus angka 80,6 persen.  ”Alhamdulillah (tingkat partisipasi pemilih) sangat meningakat jadi 80,6 persen. Meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 78 persen lebih. Berarti ini kinerja KPU dibantu dengan teman teman media yang selalu menyosialisasikan. Dibantu juga bidang sosialisasi, dibantu juga agen sosialisasi. Kehadiran mereka sangat membantu sekali,” ujar Hersa

Hal sama juga terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, pasangan Rindu kembali menempati posisi teratas dengan 363.470 suara (39,79 %), posisi kedua ditempati Paslon nomor urut tiga Asyik dengan 257.762 suara (28,22 %). Posisi ke tiga ditempati paslon nomor urut empat, Dedi Mizwar-Dedi Mulyadi dengan 193.059 suara (21,13 %) dan terakhir ditempati paslon nomor urut dua, Tubagus Hasanudin-Anton Charlian dengan 99.230 suara (10, 86 %).

Tinggalkan Balasan