RSUD Cikalongwetan Akan Beroperasi Mei

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat berencana akan meresmikan RSUD Cikalongwetan pada Mei 2017 mendatang. Saat ini, pembangunan RSUD Cikalongwetan sudah mencapai 98.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati mengatakan, rumah sakit tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat wilayah Cikalongwetan, Cipendeuy dan beberapa wilayah lainnya. Sehingga pihaknya berupaya agar sesuai dengan target rumah sakit tersebut harus secepatnya diselesaikan.

”Ini sesuai dengan target bahwa Mei memang harus sudah diresmikan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan,” ujar Pupu kemarin (7/3).

RSUD yang dibangun di lahan seluas 22 ribu meter persegi tersebut, kata Pupu, tinggal pengadaan kelengkapan alat-alat medis dan proses finishing ruangan. Seperti penataan taman, pengoperasian lift, dan pengerjaan lainnya. ”Termasuk saat ini kita siapkan sumber daya manusia yang akan melayani masyarakat. Tentu ini juga menjadi peluang bagi masyarakat yang akan bekerja di RSUD tersebut,” ujarnya.

Pupu menambahkan, memang saat ini pelayanan kesehatan sudah ada seperti berdirinya puskesmas di setiap wilayah. Namun, hal itu dipandang belum maksimal jika belum ada rumah sakit besar milik pemerintah daerah.

”Kalau berdiri rumah sakit tentu pelayanan bisa jauh lebih maksimal kepada masyarakat. Terutama kelengkapan alat kesehatan yang lebih canggih,” terangnya.

Seperti diketahui, RSUD Cikalongwetan memiliki bangunan sebanyak 2 lantai. Terdiri dari gedung A, B dan C. Gedung A merupakan ruang pelayanan utama, gedung B dan C merupakan gedung perawatan bagi pasien dan gedung lainnya yang ada merupakan gedung penunjang seperti ruang gizi, ruang laundry, dan ruang penunjang lainnya.

”Gedung ini nantinya bisa menampung sekitar 130 pasien dengan ruang VVIP ada 2, VIP ada 6, kelas 1 ada 9 dan sisanya untuk kelas 2 dan 3. Paling banyak kelas 3 sebanyak 76 tempat tidur, itu belum termasuk ruang pelayanan lainnya untuk menangani pasien,” paparnya.

RSUD Cikalongwetan rencananya akan diperlengkapi sejumlah peralatan medis yang cukup memadai untuk menangani berbagai keluhan pasien. Mulai dari peralatan CT scan, peralatan operasi, laboratorium dan peralatan lainnya.

”Ruangan-ruangan untuk menangani keluhan pasien seperti ruang UGD, CT scan, operasi dan ruang penanganan medis lainnya sudah siap,” pungkasnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan