Marquez Pertegas Status Raja Sirkuit Sachsenring

jabarekspres.com – Marc Marquez mencetak rekor delapan kemenangan beruntun di MotoGP Jerman. Juara dunia bertahan itu mengalahkan rookie Jonas Folger di Sachsenring.

Selepas start, Marquez langsung memimpin di depan. Dani Pedrosa kedua, Jorge Lorenzo ketiga dan Jonas Folger keempat. Sementara itu, Valentino Rossi naik ke posisi keenam, di belakang Danilo Petrucci.

Marquez masih memimpin di depan, setidaknya hingga Lap 6. Ketika memasuki Tikungan 12, ia kehilangan posisinya usai disalip Folger. Sedangkan, di barisan tengah terjadi pertarungan antara Rossi, Petrucci, Lorenzo. Pada saat ini, Maverick Vinales di posisi ke-10.

Kendati demikian, Folger tak lama memimpin jalannya balapan. Pada Lap 11, Marquez berhasil mengatasi perlawanan pembalap Yamaha Tech 3 itu dan kembali di posisi teratas, sedangkan Vinales mulai unjuk gigi dengan naik ke posisi kesembilan.

Hingga berakhirnya balapan, Marquez boleh dibilang tak mendapat perlawanan berarti dari Folger. Memang pembalap Jerman ini mampu membayangi ketat. Akan tetapi, pembalap Repsol Honda itu berhasil menjaga jarak.

Laju kencang Marquez pun akhirnya tak terbendung untuk finis lebih dulu. Inilah kemenangan kedelapan secara beruntun di Sachsenring, yang mulai ditorehkannya sejak masih membalap di kelas 125cc pada 2010. Kemenangan ini juga yang kedua bagi Marquez pada musim ini.

Meski hanya finis kedua, Folger juga mencetak catatan sejarah. Ia menjadi pembalap Jerman pertama yang podium di kelas premier. Adapun, Pedrosa finis ketiga, di mana sepanjang balapan nyaris tak mendapat perlawanan berarti dari para pembalap lainnya.

Dengan Marquez, Folger dan Pedrosa yang menjauh di depan, pertarungan seru justru terjadi pada perebutan posisi keempat. Terutama antara duo Yamaha, Vinales dan Rossi, serta Andrea Dovizioso. Ketiga pembalap bertarung sengit.

Namun, posisi finis keempat akhirnya dimenangi Vinales, yang berhasil mengalahkan Rossi. Pembalap Aspar, Alvaro Bautista, tampil impresif dengan keberhasilan finis keenam, di depan Aleix Espargaro. Dovizioso tak dapat mempertahankan performa apik pada pertengahan lap, dan ia pun finis kedelapan.

Rookie Johann Zarco dipaksa bekerja keras untuk finis kesembilan, usai mengungguli Cal Crutchlow dan Lorenzo, yang harus puas finis ke-11. Mika Kallio, tampil berstatus sebagai wild card di KTM, finis ke-16.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan