KTP Elektronik Belum Bisa Cetak

Disdukcapil: Ada Permasalahan di Server

Disdukcapil cimahi
TUNGGU GILIRAN: Warga mendatangi Disdukcapil Cimahi untuk mengurus surat-surat identitas kependudukan, belum lama ini.

jabarekspres.com, CIMAHI – Sepertinya warga Kota Cimahi yang ingin mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), kembali harus bersabar. Meski menurut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi sudah menerima blanko KTP-el dari Kementerian Dalam Negri (Kemendagri), namun Disdukcapil belum bisa melakukan pencetakan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah mengungkapkan belum bisanya Disdukcapil melakukan pencetakan untuk KTP-el, karena adanya permasalahan server pemerintah pusat yang dalam masa gangguan.

”Meski blanko sudah ada dan kita sudah nerima berita acara tapi kita belum bisa untuk mencetaknya. Yang jadi masalah jaringan, server dari pusat,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, belum lama ini.

Ade mengatakan, selama ada ganguan pada server, pihaknya akan tetap memberlakukan Surat Keterangan (Suket) bagi warga untuk memenuhi kebutuhan administrasi.

Dia menyebutkan, pengajuan blanko yang dilakukan Disdukcapil Kota Cimahi ke pemerintah pusat sebanyak 22 ribu, namun baru 10 ribu yang dapat diterima. Itu pun dengan menunggu selama hampir enam bulan.  ”Pengajuan 22 ribu, baru dikasih 10 ribu,” sebutnya.

Ade menjelaskan, dari 10 ribu blanko yang sudah ada tersebut,  akan digunakan untuk mencetak KTP-el yang datanya sudah masuk di data Print Ready Record (PRR) sejak bulan September tahun lalu. Ia melanjutkan, untuk teknis pencetakannya, pihaknya akan melakikan sesuai dengan nomor antrian yang sudah mendaftar dan masuk di data PRR. ”Kita akan mengantisipasi pencetakannya berdasarkan nomor antrean dari kecamatan, dimulai dari September,” jelas Ade.

Ia menuturkan, apabila KTP-el sudah tuntas pencetakannya, maka pihak Disdukcapil akan memberitahukannya kepada pendaftar lewat pesan singkat.  ”Jika KTP-el sudah tercetak, kita kasih tau lewat SMS Gate Away,” tuturnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR