Warga Cimahi, Kenalan Yuk dengan Sipade dan Sibenar dari Disdukcapil Kota Cimahi

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) makin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus dokumen penting. Kali ini, Disdukcapil Cimahi secara resmi meluncurkan aplikasi baru, Sipade dan Sibenar, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jumat (22/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kepala Dinas Kependukukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi Ipah Latifah, beserta jajarannya.

“Hari ini Cimahi me-launching aplikasi Sipade, Sibenar dan inovasi e-semmer, singkatannya adalah ‘Selamat membentuk keluarga baru’. Artinya bagi masyarakat yang melaksanakan pernikahan, otomatis bahwa KK (Kartu Keluarga) yang lama akan berpisah dengan yang setelah nikah. Jadi otomatis nikah KK-nya jadi dua, dan KTPnya baru. Itu adalah pelayanan otomatis dari Pemerintah Kota Cimahi bagi mereka yang melaksanakan pernikahan,” ujar Ngatiyana, Jumat (22/10).

Sebelumnya dijelaskan, Aplikasi Sipade (Sistem Informasi Pelayanan Adminduk Data Elektronik) merupakan aplikasi untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan. Di antaranya untuk mengurus dokumen Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Perpindahan Penduduk.

Sementara itu, Sibenar (Sistem Informasi Perubahan Elemen Data Dari Rumah) merupakan aplikasi untuk melakukan perubahan elemen data penduduk. Baik dengan melakukan penambahan data anggota keluarga, perbaikan data, atau memutakhirkan elemen data, serta melakukan pencetakan kartu keluarga.

“Pelayanan dari Disdukcapil diupayakan cukup dengan aplikasi, dari rumah. Tidak perlu datang ke Disdukcapil. Dengan aplikasi itulah data sudah masuk sendirinya,” jelasnya.

Ngatiyana berharap, warga Kota Cimahi tidak perlu repot untuk mengurusi pemberkasan ke kantor Disdukcapil Kota Cimahi. Cukup menggunakan aplikasi Sipade dan Sibenar.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat. Tidak perlu repot mondar-mandir. Cukup dengan aplikasi ini, yang merupakan inovasi Pemerintah Kota Cimahi,” pungkas Ngatiyana.

Aplikasi Sipade dan Sibenar Tersedia di Playstore

Di kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, Ipah Latifah mengatakan aplikasi Sipade dan Sibenar sudah tersedia di Google Playstore. Sementara, aplikasi ini belum tersedia di App Store karena masih dalam proses konfirmasi.

“Sipade sama Sibenar itu ada di Playstore. Dan dalam aplikasi tersebut ada langkah-langkahnya. Masukkan persyaratannya, sudah dimudahkan oleh kita,” ujar Ipah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan