KPK Luncurkan Film Sahabat Pemberani

jabarekspres.com, JAKARTA – Ratusan anak dari berbagai SD tampak se­rius menyaksikan serial ani­masi berjudul Sahabat Pem­berani di Cinemaxx FX Sudir­man, Jakarta Minggu (21/5). Komisi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK) sengaja mengun­dang mereka untuk hadir dan menyaksikan lansung pelun­curan serial animasi tersebut. Tujuanya tidak lain agar me­reka semakin dekat dengan KPK.

Wakil Ketua KPK Thony Saut Situmorang menjelaskan, upaya pemberantasan ko­rupsi tidak melulu melalui penindakan. Melainkan juga lewat pencegahan. ”Melalui pembangunan perilaku dan penanaman budaya,” ungkap dia. KPK berpendapat bahwa film merupakan salah satu media yang cocok untuk mengedukasi anak. Sebab, mereka lebih cepat menang­kap pesan yang disampaikan lewat media tersebut.

Sahabat Pemberani meru­pakan serial animasi yang sudah diluncurkan KPK sejak 2013. Selain anak SD, film tersebut turut menyasar penonton usia SMP dan SMA. Saut menuturkan, itu bagian dari tanggung jawab instansi­nya. ”Undang-Undang (UU) KPK mengamanatkan kami untuk menididik semua jen­jang pendidikan,” imbuhnya. Dengan begitu, generasi muda anti-korupsi terus ber­munculan.

Tugas membumihanguskan korupsi bukan perkara gam­pang. Untuk itu, upaya pen­cegahan dilaksanakan sejak jauh hari. KPK ingin upaya tersebut terus berlanjut. Tidak berhenti meski mereka sibuk berurusan dengan berbagai kasus. ”Harapannya, terus berkelanjutan,” ucap Saut. Sebab, sambung dia, pemerin­tah turut memiliki kewajiban untuk menyelamatkan masa depan bangsa. Salah satunya dari korupsi.

Untuk itu, serial animasi Sahabat Pemberani disebar­luaskan. Bukan hanya siswa SD yang hadir dalam pelun­curan kemarin, KPK juga turut membagikan DVD serial animasi tersebut untuk ditonton oleh pelajar lainya. Saut pun mengizinkan apa­bila film tersebut diperba­nyak. Dengan catatan untuk dijadikan sebagai media pendidikan. ”Silakan, boleh saja (diperbanyak),” ungkap dia.

KPK berharap besar film yang terdiri atas enam episode itu bisa menyebar ke seluruh wilayah tanah air. Sehingga tokoh Krisna, Panji, dan Ki­rana dalam Sahabat Pembe­rani semakin dikenal. ” Jadi, tokoh-tokoh itu kami coba bangun. Untuk kemudian anak-anak lebih mudah meng­ingat,” jelasnya. Tiga peran utama dalam film tersebut merupakan tokoh pema­wayangan yang sengaja dia­dopsi KPK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan