Kesbang Tantang Pelajar Praktikkan Wasbang

2
Bakesbangpol kab bdg
PAPARKAN TUJUAN: Kepala Bakesbangpol H Iman Irianto (kiri) memberikan sambutan saat pembukaan Saresehan Wawasan Kebangsaan yang dihadiri para pelajar di Kecamatan Pacet, kemarin (4/9).

jabarekspres.com, SOREANG – Guna menganti­sipasi kewaspadaan dini ter­hadap ancaman gangguan, hambatan dan tantangan ke­hidupan berbangsa dan ber­negara, Kepala Badan Kesa­tuan Bangsa dan Politik (Bak­esbangpol) Kabupaten Bandung Iman Irianto mengajak pelajar untuk mempraktikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dalam rangka menumbuh kembangkan rasa wawasan kebangsaan, serta mengatisi­pasi paham radikalisme, dan perpecahan di semua kalangan, baik organisasi masa, LSM, Pe­muda, Pelajar serta masyarakat, khususnya di wilayah Kabupa­ten Bandung, saja tantang pe­lajar untuk jadi agen terdepan antisipasi kewaspadaan dini,” tegas Iman usai membuka acara Saresehan Wawasan Ke­bangsaan yang digelar di Aula Kecamatan Pacet, Senin (4/9).

Lebih lanjut Iman mengata­kan bahwa sarasehan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan, merupakan upaya untuk lebih memantapkan nilai-nilai ke­bangsaan sesuai dengan em­pat kunsesnsus dasar Nasional yaitu Pancasila, Undang-Un­dang Dasar 1945, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhi­neka Tunggal Ika.

“Saya harap para generasi muda khususnya para pelajar di Kecamatan Pacet memili­ki rasa untuk memiliki jiwa dan semangat juang yang tangguh, kesamaan visi dan misi dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara, menanamkan rasa na­sionalisme dan patriotis yang tinggi agar tidak terpengaruh oleh paham apapun, yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa,” harapnya.

Sementara itu tambahnya, Sarasehan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan, agar memahami dengan baik danmendorong tumbuhnya wawasan kebangsaan bagi kalangan pelajar, meningkatkan pemahaman tentang sejarah bangsa Indonesia, nilai luhur budaya demi keutuhan NKRI.

“Selain itu, tujuan lain yakniagar pelajar sebagai generasi penerus bangsa bisa memahamikonsep, nilai, prinsip dankebenaran dalam pancasilaserta meningkatnya kesadaran bela negara dikalangan pemuda,” pungkasnya dihadapan 120 pelajar se Kecamatan Pacetitu.

Menanggapi hal itu, Pasi Intelkam Kodim 0609 Bandung Kaft.Kav.Musiam berpendapat,perkembangan yang terjadi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara cukupmemprihatinkan. Baik disadari atau tidak, itu merupakan fenomena yang menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup masyarakat, bangsa, dan negara.

”Fenomena yang kita maksud itu adalah rasa nasionalisme yangmenurun, ditandai dengansikap lebih menonjolkan kepentingan kelompok atau golongan dan fanatisme yang berlebihan.(rus/gun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here