LDII Cimahi Siap Mengawal Moderasi Beragama

Jabarekspres.com – DPD LDII Kota Cimahi berkomitmen terhadap NKRI dengan ikut serta menjadikan program wawasan kebangsaan sebagai program pengabdian utama dalam delapan program kerja LDII yaitu program wawasan kebangsaan, agama, pendidikan, kesehatan, energi baru dan terbarukan, perekonomian, penggunaan teknologi digital serta pangan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD LDII Kota Cimahi yang juga sebagai Anggota FKUB Kota Cimahi, Dwi Hartono, pada acara Sosialisasi FKUB Kota Cimahi dengan tema “Kerukunan Antar Umat Beragama Meningkatkan Stabilitas Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Kegiatan yang dihadiri Kabid Ipwasbang Kesbang Badan Kesbangpol Kota Cimahi Deden Hidayat, Wakil Ketua FKUB Kota Cimahi Subarna, Sekretaris FKUB Kota Cimahi Yana Permana, Lurah Melong Dian Rohimat, para pengurus DPD LDII Kota Cimahi yakni Andalusia dan Fauzan Hadi (Wakil Ketua), Fadel Abrori (Sekretaris) serta ara pengurus PC dan PAC LDII se-Kota Cimahi dan Ketua RT, Ketua RW, dan DKM sekitarnya, dilaksanakan di Gedung Serba Guna Al Munawaroh Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis (29/9).

Dwi berharap dengan kegiatan ini para pengurus dari pimpinan cabang di tiga kecamatan sampai pimpinan anak cabang di 15 kelurahan, dapat melaksanakan program kerja yang menyentuh sampai lapisan masyarakat bawah terutama terkait dengan Penguatan Moderasi Beragama.

“LDII bisa menjadi contoh organisasi yang menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama. Hal ini tergambar dari delapan program kerja LDII, dimana program wawasan kebangsaan menjadi prioritas utama pengabdian LDII dalam ikut serta mempertahankan NKRI dengan 4 pilar utamanya yaitu meneguhkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Dwi menambahkan, dalam AD/ART disebutkan bahwa LDII merupakan Ormas Islam yang berasaskan Pancasila. Artinya, LDII berkomitmen untuk mengawal Pancasila sebagai dasar negara, dimana di dalamnya mengandung makna mengenai moderasi beragama antar umat beragama di Indonesia.

“LDII sejak awal pendiriannya bertekad untuk menjaga Pancasila dan NKRI melalui moderasi beragama sehingga bisa terwujud kerukunan inter agama, antar agama, dan umat beragama dengan pemerintah, ” urainya.

Hal senada disampaikan Kabid Ipwasbang Kesbang Badan Kesbangpol Kota Cimahi, Deden Hidayat. Dalam sambutannya, Dede menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk selalu mendorong dan meneguhkan kerukunan umat beragama di Kota Cimahi, melalui FKUB sebagai organisasi mandatori dari pemerintah Kota Cimahi. Kerukunan hidup antar umat seagama maupun antar umat beragama, merupakan bagian tak terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia semenjak berdiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan