Zidane Kejar Angka Magis

bandungekspres.co.id – Angka 7 kerap dianggap keramat di sepak bola. Oleh karena itu, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, berharap bisa mendapatkan angka tersebut di Final Liga Champions nanti.

Maklum saja, Zidane tengah mengejar untuk menjadi sosok ketujuh dalam sejarah Liga Champions yang bisa juara saat sebagai pemain dan pelatih.

Zidane sendiri berhasil mengangkat trofi Liga Champions sebagai pemain pada musim 2001-02. Kala itu, satu golnya lewat tendangan voli memastikan Real Madrid menang 2-1 atas Bayer Leverkusen di final Liga Champions.

Kini, Zidane berpeluang kembali juara tapi sebagai pelatih. Madrid akan menghadapi Atletico Madrid di final Liga Champions 2015-16 pada Sabtu (28/5).

’’Tentunya akan menjadi pencapaian istimewa ketika saya kembali juara sebagai pelatih. Tapi, saya sebenarnya tak memikirkan itu. Terpenting kami bermain sempurna dan membawa pulang Si Kuping Besar,” sebut Zidane kepada Marca.

Sosok pertama yang berhasil juara Liga Champions sebagai pemain dan pelatih adalah Miguel Munoz. Dia tiga kali juara saat memperkuat Madrid. Ketika menjadi pelatih Los Blancos, Munoz berhasil dua kali membawa tim tersebut juara.

Kedua adalah Giovanni Trapattoni pada 1985. Saat sebagai pemain, dia mengantarkan Juventus juara pada 1963. Kemudian, pada 1985 dia membawa AC Milan juara dalam kapasitasnya sebagai pelatih.

Sosok ketiga adalah Johan Cruyff. Dia berhasil juara Liga Champions sebagai pemain saat memperkuat Ajax Amsterdam. Kemudian, saat melatih Barcelona, Cruyff yang sudah meninggal dunia, juga berhasil juara.

Carlo Ancelotti adalah figur keempat yang bisa juara Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain, dia melakukannya bersama Milan. Saat menjadi pelatih, Ancelotti juara bersama Milan dan Madrid.

Kelima adalah Frank Rijkaard. Kariernya seperti Cruyff. Dia juara sebagai pemain bersama Ajax dan juara sebagai pelatih ketika menukangi Barcelona.

Sosok keenam Josep Guardiola yang musim depan melatih Manchester City. Pep–sapaan akrabnya, sekali juara bersama Barcelona. Ketika menjadi pelatih klub asal Catalan tersebut, Pep dua kali mengantarkannya meraih gelar juara Liga Champions. (epr/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan