Sabda Alam untuk Andriy Lunin: From Zero to Hero

JABAR EKSPRES – Keberhasilan Real Madrid lolos ke Semi Final UCL 2023/2024 tentunya tidak lepas dari penampilan impresif salah satu punggawanya. Yap, tidak lain tidak bukan adalah Andriy Lunin.

Meski bukan kiper utama Real Madrid di awal musim ini, bahkan sempat menjadi pilihan ketiga saat kedatangan Kepa Arrizabalaga, kiper asal Ukraina itu tetap tegar dan berjuang mendapatkan posisinya.

Di musim ini, Andriy Lunin telah tampil sebanyak 27 laga dengan 23 kebobolan dan 12 cleansheet. Menit bermainnya pun lebih banyak dari musim sebelumnya. Hal ini tak lepas dari cideranya kiper utama Real Madrid, Thibaut Courtois.

BACA JUGA: Legenda Liverpool Sentil Real Madrid: Tim Beruntung hingga Juara UCL Belum Tentu yang Terbaik di Eropa

Piala Dunia U20 2019 dan Kesaktian Andriy Lunin

Ternyata, kesaktian kiper berusia 25 tahun ini telah terlihat sejak Piala Dunia U20 tahun 2019. Siapa sangka, Ukraina berhasil keluar sebagai juara dan menyingkirkan negara favorit seperti Argentina (juara 6x) dan Inggris (juara bertahan).

Apalagi, jika melihat dari skuad Ukraina saat itu, hanya ada 3 pemain yang bermain abroad alias di luar negeri. Mereka adalah Andriy Lunin (Real Madrid), Oleksiy Khakhlyov (Deportivo Alaves), dan Danylo Beskorovainyi (Zemplin).

BACA JUGA: Formasi 442 Diamond Real Madrid Hilangkan Performa Salah Satu Pemain Bintang

Walau pun banyak pemain yang bermain di liga lokal, mereka semua dapat tampil impresif, termasuk Andriy Lunin. Dia mencatatkan 3 cleansheet dan tak pernah kebobolan lebih dari 1 gol di setiap laganya.

Di Semi Final Piala Dunia U20, Ukraina berhasil menyingkirkan Italia dengan skor 1-0. Lalu, di partai pamungkas berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-1.

Keberhasilan ini membuat orang-orang berpikir ulang, “Pantas saja Real Madrid mau mengeluarkan uang hingga €8,5 juta untuk menebus kiper ini dari Zorya Lugansk (Ukraina)”.

BACA JUGA: MILF yang Jadi Favorit Madridista

Perjalanan Karir yang Terjal

Andriy Lunin didatangkan dari Zorya Lugansk, Ukraina, pada tahun 2018 dengan mahar €8,5 juta di usianya yang masih 19 tahun. Namun, dia langsung dipinjamkan ke sesama klub La Liga, Leganes, untuk mendapatkan jam terbang. Saat itu, klub berjulukan El Real memiliki 3 kiper yang matang, yakni Thibaut Courtois, Keylor Navas, dan Alphonse Areola.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan