Kiprah Sang Ahli Transfer

bandungekspres.co.id, Pelatih dengan strategi brilian dan keberadaan pemain andalan mutlak diperlukan jika suatu klub ingin menjadi juara. Namun, tanpa keberadaan direktur olahraga kuat adu otot dengan tim lain dalam mendapatkan pemain yang diinginkan, mustahil gelar tersebut bisa dicapai.

Dalam urusan jual-beli pemain, seluruh Benua Eropa mungkin bakal angkat topi kepada Ramon Rodriguez Verdejo, atau yang akrab disapa Monchi. Di tangannya, dia menjelma pemain dari antah-berantah menjadi permata bermutu tinggi Sevilla, yang kemudian dijual kepada klub peminat dengan harga tinggi.

Mari lihat starting XI pertama yang dicetaknya ketika berkiprah di Ramon Sanchez Pizjuan awal 2000. Nama-nama seperti Andres Palop, Dani Alves, Ivan Rakitic, hingga Carlos Bacca semua direkrut dengan harga sekitar EUR 25 juta (Rp 365,69 miliar dengan kurs EUR 1= Rp 14.627). Namun, ketika dilepas, harga mereka menggelembung hampir tujuh kali dengan nilai EUR 170 juta (Rp 2,49 triliun).

Itu belum para pemain yang dibesarkan oleh akademi mereka sendiri. Sergio Ramos, Jesus Navas, dan Alberto Moreno yang mampu menjadi andalan dari klub mereka saat ini.

Terbaru adalah transfer bomber Kevin Gameiro yang bernilai EUR 32 juta (Rp 468,01 miliar) ke Atletico Madrid. Mengalami kenaikan 300 persen yang hanya berharga EUR 10 juta (Rp 146,19 miliar).

Monchi membeberkan strateginya dalam mendapatkan pemain bagus. Sepanjang lima bulan pertama, dia dan para kepala pemandu bakat bakal memantau berbagai liga. Dia menginstruksikan kepada mereka untuk sekedar mengumpulkan data. Tidak lebih.

Baru, pada Desember, dengan hati-hati Monchi memperhatikan para pemain yang tampil reguler baik bersama klub maupun timnas. Nama-nama itu kemudian ditandai sehingga memudahkan Monchi ketika pelatih meminta pemain yang sesuai dengan karakteristik strateginya.

Jadi, lanjut Monchi, jika pelatih menginginkan bek kiri yang bisa menggunakan dua kaki sama bagusnya, meng-cover 11 kilometer, dan berlari dengan kecepatan penuh pada jarak 800 meter, dia tinggal langsung melihat pemain yang ditandai. ”Biasanya ada 11 yang sesuai kriteria,” ucap direktur 47 tahun tersebut dalam wawancaranya dengan jurnalis The Guardian Sid Lowe Mei lalu.

Ke-11 nama itulah yang bakal coba dibujuk Monchi agar bersedia pindah ke Sevilla. Monchi menyatakan, dia selalu berusaha memiliki opsi alternatif dengan kualitas tak jauh berbeda ketika pemain utama gagal dibujuk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan