Ambisi Raih Titel di Motegi

bandungekspres.co.id, MOTEGI – Unggul 52 poin di klasemen pembalap MotoGP atas rival terdekatnya, Valentino Rossi, jagoan Repsol Honda Marc Marquez kini punya target mengamankan gelar juara 2016 lebih cepat. Di seri berikutnya, GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi (16/10), Marquez ingin menang dan memastikan diri sebagai juara dunia dalam balapan di kandang pabrikan tim yang dibelanya.

Di sisa empat seri terakhir, ada 100 poin yang tersedia untuk diperebutkan para calon juara. Jika menang di Motegi, Marquez akan mengemas total 77 poin. Dengan catatan, Rossi harus finis di posisi ke-14 atau lebih rendah. Itu memang tidak mudah, tapi Marquez sangat menginginkannya.

”Tidak, di Jepang aku tidak akan memastikan gelar juaraku. Tapi, aku ingin sekali, karena ini adalah balapan kandang bagi Honda,” ucap Marquez sebagaimana dikutip Autosport. Karena itu, yang terpenting bagi Marquez adalah tidak melakukan kesalahan sepanjang akhir pekan di Jepang tiga pekan lagi.

Marquez juga menyatakan, musim ini situasinya bisa sangat rawan meski sudah menjaga jarak cukup aman dari para rivalnya. Hal itu tak lepas dari faktor ban Michelin yang membuat situasi balapan tidak bisa diprediksi oleh siapa pun. Di Aragon, misalnya, Marquez yang sangat dominan pun masih sempat mengalami kecelakaan di free practice ketiga. ”Kami harus menunggu dan sabar. Tidak boleh melakukan kesalahan,” katanya.

Pembalap 23 tahun itu sadar bahwa Motegi adalah sirkuit dengan karakter yang lebih cocok dengan motor pesaing Honda, Yamaha. Tapi, dengan menjaga mental juara yang diraihnya di Aragon, finis podium bisa menjadi target realistis di Motegi. (cak/c19/dns/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan