KPU Hadirkan Narasumber Kredibel

MARGAHAYU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, menggelar bimbingan dan teknis (bintek) mengenai pengelolaan keuangan di Kopo Square Kamis (13/8). Dalam kegiatan itu, KPU menghadirkan narasumber dari kejaksaan, BPKP bagian perpajakan, dan sejumlah instansi lainnya.

Ketua KPU kabupaten Bandung Atip Tartiana mengatakan, kegiatan itu untuk memberikan pengetahuan bagi panitia pemilihan di tingkat kecamatan (PPK) dalam hal pengelolaan keuangan Pilkada.

’’Dalam hal ini kami sampaikan bahwa pengelolaan keuangan Pilkada harus betul-betul terarah. Makanya kami menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Misalnya kami menghadirkan narasumber dari perpajakan, agar dalam setiap pengelolaan keuangan itu jelas adanya. Kami juga menghadirkan BPKP provinsi Jabar,’’ terang Atip kepada wartawan.

Sementara itu, narasumber pihak kejaksaan menyampaikan sejumlah materi yang lekat kaitannya dengan hukum. Karena dalam hal pengelolaan keuangan yang tidak sesuai dengan peruntukkan, akan selalu bersentuhan dengan hukum. ’’Narasumber dari kejaksaan juga penting kami hadirkan, mengingat pengelolaan keuangan sangat rentan dengan penyelewengan. Karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut perlu kiranya kami menghadirkan narasumber yang tahu persis tentang hukum, yakni kejaksaan,’’ tambah Dadang Husni, sekretaris KPU Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Komisioner PPK Kecamatan Katapang Rina mengakui, jika dalam bintek itu perlu diberikan soal pengelolaan keuangan. Karena uang yang dikelola PPK untuk Pilkada sangat besar. ’’Kami menilai adanya adalah penegasan terkait dengan penelolaan keuangan. Dengan adanya bintek ini, kami akan semakin waspada dengan keuangan yang di kelola oleh PPK,’’ ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh PPK Kecamatan Soreang. Dia mengaku, pengelolaan keuangan oleh PPK yang belum pengalaman membuatnya kesulitan. Padahal, keuangan sangat berperan penting dalam menjalankan tugas pilkada oleh PPK. ’’Kami sangat menantikan acara ini untuk mendapatkan pengetahuan dari narasumber. Apalagi ini terkait dengan pengelolaan keuangan yang akan dilakukan oleh PPK. Dengan begitu, kami pun sangat respons untuk kegiatan yang dilaksanakan KPU ini,’’ tutur Rina. (gun/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan