AMP Diduga Kibarkan Bendera Bintang Kejora dan Teriak Papua Bukan Merah Putih

JABAR EKSPRES – Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) diduga mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam aksi memperingati HUT ke-62 Kemerdekaan Bangsa Papua Barat.

Aksi pengibaran bendera Bintang Kejora dilakukan di sepanjang Nol Kilometer menuju Asrama Papua Kamasan I, Yogyakarta pada 1 Desember 2023.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @coretan_papua, tampak ratusan orang berjalan sambil mengibarkan 5 bendera Bintang Kejora sambil berteriak.

“Papua bukan Merah Putih, Papua bukan Merah Putih. Papua Bintang Kejora,” ucap para pengunjuk rasa, Senin (4/12).

Aksi ini digagas oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Presiden Eksekutif ULMWP Manase Tabuni mengajak seluruh Solidaritas Papua Merdeka untuk menggelar peringatan serentak tersebut.

Baca Juga: Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Papua yang Memukau!

Tabuni juga menyerukan untuk mengheningkan cipta dan mendoakan para pengungsi sipil Papua. Peringatan ini dapat dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi masing-masing. Aksi-aksi tersebut dapat berupa upacara, aksi damai, ibadah, doa, seminar, diskusi, dan pertunjukan musik.

Video Aliansi Mahasiswa Papua tersebut lantas mendapatkan sorotan para warganet. Berikut beberapa komentar warganet:

“TNI pada kemana? Kok boleh mereka mengibarkan bendera itu???,” kata seorang warganet.

“Secara tidak langsung adalah penghinaan terhadap pemerintah daerah setempat dan Republik Indonesia,” komentar warganet.

“Si merasa dijajah, padahal dana Otsusnya gelondongan, giliran mau diaudit pejabatnya warganya ngamuk, giliran miskin dan rata-rata masyarakatnya hidup susah bilang diskriminasi,” tulis warganet.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan