Lima Daerah Mulai Terima Surat Suara Pilkada 2024 dari KPU Jabar

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar), kini mulai mendistribusi surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 ke sejumlah Kabupaten/Kota.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan, dalam pendistribusian pertamanya, ada lima Kabupaten/Kota yang kini telah menerima surat suara untuk Pilkada Serentak 2024 tersebut.

“Yaitu Subang, Kota Cirebon, Kuningan, Banjar, dan Pangandaran. Jadi kami (KPU Jabar) saat ini, telah memulai pengiriman (distribusib surat suara) untuk lima kabupaten/kota,” ujarnya, Senin (28/10).

Dalam distribusi ini, Ummi menambahkan bahwa KPU Jabar telah menargetkan 70 juta lembar surat suara dapat disalurkan secara cepat ke 27 Kabupaten/kota. Sehingga sisanya, Ummi mengaku akan dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA:Tampil Beda, Paslon Dikdik-Bagja Kenakan Produk Lokal Cimahi di Debat Publik Pilkada 2024

“Untuk 22 Kabupaten/kota lagi (sisanya), kita akan lakukan dalam waktu dekat, karena mengingat jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Jawa Barat ini besar. Sehingga, manajemen logistik yang baik sangat diperlukan,” ungkapnya.

Maka agar distribusi surat suara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target yang telah ditentukan, Ummi menuturkan akan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

“Karena kami sangat berharap standar operasional selama pengiriman dan penerimaan surat suara di gudang logistik masing-masing ini dapat terus terjaga. Sehingga sangat penting untuk memastikan semua berjalan lancar sesuai ketentuan yang telah diatur dalam PKPU,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Logistik KPU Jabar, Hari Nasarudin mengatakan dalam setiap penyaluran atau distribusi surat suara ini, pihaknya akan terus bekerjasama dengan kepolisian.

BACA JUGA:Batal Vonis Bebas, Ronald Tannur Ditangkap di Surabaya

Hal ini dilakukan, agar selama pengiriman atau distribusi dilakukan, surat suara untuk Pilkada Serentak di Jabar ini dapat terjaga secara aman.

“Pengamanan distribusi menjadi hal yang penting, dan kami telah menyesuaikan jumlah surat suara berdasarkan DPT. Untuk Pilkada ini, ada tambahan 2,5 persen surat suara untuk setiap TPS, berbeda dari Pilpres yang hanya 2 persen,” pungkasnya.

Sebelumnya, Fungsional Ahli Madya Tata Kelola Pemilu KPU Jabar, Susila Hery Prabawa menyebut, sekitar 4,5 juta surat suara untuk Pilkada Serentak 2024 akan di cetak setiap harinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan