Terbongkar! Ini Strategi Rahasia Dikdik-Bagja Atasi Pengangguran di Cimahi

JABAR EKSPRES – Pengangguran di Kota Cimahi menjadi fokus utama pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan dan Bagja Setiawan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cimahi, tingkat pengangguran terbuka pada 2023 mencapai 10,52 persen atau 33.192 orang. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di Jawa Barat.

“Sebenarnya, secara jumlah, pengangguran di Cimahi lebih kecil dibanding kota lain. Namun, karena faktor pengalinya kecil, secara persentase menjadi yang tertinggi di Jawa Barat,” jelas Dikdik saat blusukan di Kelurahan Cigugur, baru-baru ini.

Untuk perbandingan, BPS mencatat pada akhir 2023 jumlah pengangguran di Kota Bandung mencapai 116.430 jiwa atau 8,83% dari total penduduk sebesar 2,506 juta jiwa.

Meski demikian, Dikdik mengungkapkan bahwa bersama Bagja Setiawan dan tim, mereka telah mengkaji solusi efektif untuk mengatasi masalah pengangguran ini.

BACA JUGA: Tips Nonton YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Saldo Dompet Elektronik, Penarikan Bisa Sampai Sebesar Rp555.000!

Menambah Frekuensi Job Fair

Saat menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Cimahi pada 2022-2023, Dikdik telah memulai program Job Fair untuk mempertemukan pencari kerja di Cimahi dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Jika kami terpilih nanti, frekuensi Job Fair akan kami tingkatkan agar lebih banyak masyarakat Cimahi yang mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Frekuensi pelaksanaan, lanjut Dikdik, akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan kesiapan teknis.

Selain itu, Dikdik berencana meningkatkan kualitas aplikasi pencari kerja Sidakep Tri yang telah dikembangkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi. Aplikasi ini menyediakan informasi lowongan kerja, pelatihan, dan pengajuan Kartu AK1 (Kartu Pencari Kerja).

“Kami akan menyempurnakan teknologi dalam aplikasi ini, serta berkolaborasi dengan aplikasi swasta lainnya untuk mempermudah akses masyarakat Cimahi dalam mencari pekerjaan,” tambahnya.

BACA JUGA: Marc Marquez Optimis Raih Kemenangan di Buriram Jelang MotoGP Thailand 2024

Meningkatkan Kemampuan Teknologi Digital

Dikdik, yang juga meraih Penghargaan Sekda Terbaik Se-Indonesia 2024, menjelaskan bahwa peningkatan keterampilan digital bagi pemuda Cimahi akan menjadi fokus utama mereka jika terpilih dalam Pilkada 2024.

“Dengan peningkatan keterampilan digital, kami akan mempersiapkan pemuda Cimahi agar siap bekerja di industri-industri canggih,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan