Peran Kades Dinilai Krusial, Eni Sumarni Lakukan Penelitian Disertasi Terkait Polemik di Tingkat Desa

JABAR EKSPRES – Calon Bupati Sumedang Nomor Urut 1, Eni Sumarni telah selesaikan penelitiannya mengenai permasalahan di tingkat desa.

Menurutnya, penelitian disertasi yang dilakukan dinilai selaras dengan persoalan desa, guna meningkatkan kualitas kepemimpinan di desa.

“Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kinerja kepala desa, sehingga pada akhirnya akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat di desa-desa tersebut,” katanya saat diwawancarai, Jumat (25/10).

BACA JUGA: Ambisi Pasukan Trimulia Menatap Laga Final Kedua Melawan SMAN 2 Bandung

Diketahui, Calon Bupati Sumedang Nomor Urut 1 itu, baru saja melaksanakan ujian disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Pasundan, Bandung dengan diuji oleh 5 profesor dan doktor yang ahli di bidangnya pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Eni atau akrab disapa Bunda Eni menerangkan, judul disertasi yang dinilai relevan dengan permasalahan di tingkat desa itu, yakni ‘Pengaruh Kapabilitas Individu, Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja Kepala Desa serta Implikasinya pada Kinerja Kepala Desa di Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang Jawa Barat’.

“Ini jadi salah satu bentuk komitmen kuat saya, untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di desa,” terangnya.

BACA JUGA: UPI dan TEFLIN Menggelar Konferensi Internasional TEFLIN Ke-70 dan CONAPLIN Ke-17

Bunda Eni berharap, penelitiannya dan keilmuan yang didapat bisa diimplikasikan kepada masyarakat desa di tiga kabupaten, yang merupakan daerah pemilihanya dulu ketika menjabat sebagai anggota DPD RI dapil Jawa Barat.

“Penelitian yang saya lakukan sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana peran kepala desa sangat krusial dalam pembangunan desa,” bebernya.

Bunda Eni menjelaskan, dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja kepala desa, maka dapat ditemukan solusi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di tingkat desa.

BACA JUGA: Tidak Boleh Ada Penambahan PKL di Kawasan Lengkong Kecil, Ini Tegas Pemkot Bandung

“Saya berharap, agar ujian disertasi dapat berjalan lancar dan bisa segera menyandang gelar doktor. Ilmu yang diperoleh saya selama menempuh pendidikan S3 akan didedikasikan untuk masyarakat,” jelasnya.

Bunda Eni memaparkan, penelitian serta gelar yang diterimanya itu, menjadi pendorong dalam upaya meningkatkan kinerja kepala desa dan pembangunan desa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan