Masih Jadi Persoalan, LLDIKTI Wilayah IV dan Pemprov Jabar Jalin Kerjasama Atasi Masalah Sampah di Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, kini resmi menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dalam mengatasi masalah sampah khususnya di Kota Bandung.

Melalui kegiatan University Leaders Forum, di Telkom University, Kabupaten Bandung, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, M. Samsuri menyebut bahwa kolaborasi penanganan masalah sampah ini, sangat penting dilakukan baik oleh Pemprov Jabar maupun LLDIKTI Wilayah IV.

“Karena sampah ini dipandang sebagai sesuatu yang sangat serius kalau menurut saya. Sehingga ini (penangananya) harus segera dimulai,” ucapnya di kegiatan University Leaders Forum, Senin (21/10).

Dalam langkah awalnya, Samsuri mengaku bahwa LLDIKTI Wilayah IV akan segera mengkoordinasikan dengan seluruh perguruan tinggi baik swasta maupun negri di Jawa Barat (Jabar) untuk mulai melakukan pemilahan sampah.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Umumkan Susunan Kabinet Merah-Putih, Ini Daftar Lengkapnya

“Karena seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Barat (Jabar) sekarang mulai dipandang atau dilihat potensinya oleh pemerintah daerah (Pemda). Sehingga sekarang kita ingin lebih spesifik, yaitu Perguruan Tinggi Gerak Bersama Kota Bandung Bersih Sampah,” ucapnya.

Lebih jauh Samsuri juga mengatakan, pihaknya juga akan terus mendorong seluruh perguruan tinggi untuk segera mengeluarkan Satuan Kredit Semester (SKS) terkait problem solving isu sentral di masyarakat khususnya dalam pengolahan sampah.

“Sehingga ini bisa konkret, nanti mahasiswa yang terjun juga bisa dikonversi SKS-nya sebagai bagian dari problem solving isu sentral di masyarakat. Jadi ini sangat penting bagaimana proses di hulu, di lingkungan keluarga, masyarakat. Itu harus diedukasi oleh mahasiswa untuk pemilahan sampah,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyebut bahwa kerjasama yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah IV, dengan Pemprov Jabar dalam mengatasi masalah sampah khusunya di Kota Bandung ini sangat penting dilakukan.

BACA JUGA:Hari Ini, Sandra Dewi Kembali Bersaksi di Sidang Korupsi Timah

Sebab Bey mengatakan, persolan sampah khusunya di Kota Bandung hingga saat ini masih menjadi isu krusial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan