Jam Berapa Puncak Hujan Meteor Terjadi Malam Nanti? Cek di Sini , Awas Jangan Sampai Terlewat

JABAR EKSPRES – Malam nanti akan terjadi hujan meteor diatas langit Indonesia, momen ini sangat dinantikan, karena tanggal 21 Oktober merupakan puncak terjadinya hujan meteor Orinoid yang akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Karenanya jangan sampai terlewatkan moment langka ini, siapkan kameramu untuk mengabadikan fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini.

Dilansir dari instagram @penjelajah.langit, diketahui bahwa hujan meteor ini bersumber dari rasi bintang Orion.

“Hujan meteor ini dapat kita saksikan tanpa alat bantu optik,” ujar conten creator tersebut.

Selain itu, Penjelajah langit juga membagikan cara untuk menyaksikan hujan meteor ini.

Baca juga : Mitos Hujan Meteor Bisa Mengabulkan Permohonan, Ini Asal-Usulnya

“Hujan Meteor ini akan menjadi pemandangan yang menakjubkan di langit malam. Namun untuk dapat melihatnya tidaklah mudah. Selain lokasinya yg harus gelap dan cuaca yang harus cerah, kita juga perlu bersabar untuk menunggunya melintas di langit. Tapi kalau udah bisa lihat, dijamin bakal ketagihan! 😍✨✨,” tulisnya dalam keterangan videonya.

Hujan meteor Orionid terjadi ketika Bumi bergerak melalui jejak debu yang ditinggalkan oleh komet Halley.

Komet ini mengorbit matahari setiap 76 tahun sekali, dan pecahan kecil dari jejaknya terbakar saat memasuki atmosfer Bumi, menciptakan kilauan meteor yang bisa kita lihat sebagai “bintang jatuh.”

Baca juga : Ini Waktu Terbaik Melihat Puncak Hujan Meteor Perseid 2023 Hari Ini

Seungguhnya fenomena ini sudah terjadi sejak 26 September dan diperkirakan akan berlangsung hingga 22 November, namun puncaknya diperkirakan terjadi pada dini hari tanggal 21 Oktober. ‘

Di momen puncak inilah, akan terjadi hujan meteor dimana intensitasnya bisa terjadi 23 meteor per jam, terutama di sekitar pukul 1 pagi waktu EDT atau 12 siang WIB.

Namun untuk pemandangan yang lebih jelas, kamu bisa menyaksikan mulai pukul 23.00 WIB malam hingga menjelang waktu matahari terbi.

“Untuk melihatnya, pastikan cuaca cerah dan tidak ada polusi cahaya disekitar kita.” pungkas conten creator tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan