Menengok Situ Cisanti, Pesona Alam di 0 Kilometer Sungai Citarum

JABAR EKSPRES – Kesan kotor dan tercemar yang biasa menyelimuti Sungai Citarum sirna di Situ Cisanti. Itu adalah titik 0 kilometer sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut.

Situ Cisanti ada di Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung. Ia ada di kawasan kaki Gunung Wayang.

Kawasan itu menampilkan pesona keindahan alam yang khas. Sangat berbeda dengan wajah Sungai Citarum yang banyak beredar saat ini.

Kawasan itu berupa danau buatan yang memiliki luas sekitar 5 hektar. Ia dikelilingi hutan eukaliptus dan pesona alam pegunungan yang asri.

BACA JUGA: Bus Rapid Transit Bukan untuk Urai Kemacetan Kota Bandung

Udaranya tentu segar, karena kawasan itu masih sangat asri. Airnya tenang dan jernih. Jika pencahayaan bagus, permukaan situ itu bisa seperti cermin. Sehingga bisa memantulkan wajah pesona gunung dan hutan eukaliptus yang mengelilinginya. Saat mempesona dan unik untuk dijadikan latar foto.

Sesekali juga ada balutan kabut tipis. Suasana itu bisa di dapat ketika pagi hari dengan langit yang cerah. Udaranya masih terbilang dingin. Karena berada di ketinggian 1575-1584 mdpl.

Situ yang memiliki rata – rata kedalaman air 2,5 meter itu menampung air dari tujuh mata air. Yaitu Pangsiraman, Cikoleberes, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti.

Airnya jernih dan segar. Sampai – sampai bisa terlihat jelas semburan air di dasar mata air. Hingga kini, air itu juga terus mengalir dengan debit 400 – 500 liter perdetik.

BACA JUGA: Spesifikasi Xiaomi Redmi 14C dengan Segudang Fitur Canggih Harganya Cuma 1,5 Juta

Di tempat itu terpajang tugu 0 kilometer Sungai Citarum yang ikonik. Itu biasa jadi andalan tempat foto wisatawan.

Uus Kusmana, salah satu punggawa Pokdarwis Desa Tarumajaya menceritakan, kawasan itu juga sering jadi rujukan wisata. Tapi memang ramainya ketika akhir pekan. “Kalau hari biasa paling orang sekitar, atau pegawai yang usai dinas di sekitar Kertasari,” jelasnya.

Secara akses sebenarnya cukup mudah. Karena tidak jauh dari jalan raya. Jalan utama itu juga sangat mulus, kebanyakan dari beton cor. Area parkirnya juga luas. Rindang di bawah pepohonan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan