FKG Unjani Beri Penyuluhan Manfaat Pasta Gigi Poliherbal di SDN Cireundeu Cimahi

JABAR EKSPRES – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) terus berkomitmen melayani masyarakat melalui promosi kesehatan dan edukasi.

FKG Unjani juga mendukung generasi muda dalam menjaga gaya hidup sehat. Salah satunya dengan meningkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut serta kesejahteraan fisik di kalangan siswa Sekolah Dasar di Kampung Adat Cireundeu, Kota Cimahi.

Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengmas) FKG menggelar  kegiatan di SD Negeri Cireundeu, dengan fokus pada edukasi mengenai pasta gigi poliherbal, pemeriksaan kekuatan otot tangan, serta pelatihan cara menyikat gigi yang benar serta sikat gigi bersama.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Senin, 7 Oktober 2024 itu, ada tiga kegiatan utama yang dipimpin oleh dosen-dosen berpengalaman dari Fakultas Kedokteran Gigi dan mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Gigi Unjani.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes., PBO menyebutkan, kegiatan Pengmas FKG Unjani melibatkan enam dosen dan 12 mahasiswa sarjana dari FKG Unjani.

”Kegitan pengabdian masyarakat ini menunjukkan komitmen kami (Unjani) dalam meningkatkan kesehatan dan memberikan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan itu juga merupakan bagian dari inisiatif Unjani yang lebih luas dalam memberikan edukasi kesehatan yang mudah diakses dan bermanfaat di seluruh wilayah Jawa Barat.

”Kami bersyukur kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan edukatif dan menyenangkan dan menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi para siswa,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Pelaksana kegiatan Irham M. Adinugraha, drg., Sp.Prost mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksana dalam program Pengmas FKG Unjani yakni, Penyuluhan tentang Komposisi dan Fungsi Pasta Gigi Poliherbal. Kemudian ada juga pemeriksaan kekuatan otot tangan.

”Kami juga berikan pelatihan atau cara menyikat gigi yang baik dan benar sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh dokter gigi,” jelasnya.

Pelatihan kemudian berlanjut dengan demonstrasi langsung teknik menyikat gigi yang efektif.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah: Frekuensi menyikat gigi adalah idealnya dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan