Makin Lengkap, Asih Kukuhkan Tim Hukum dan Advokasi

JABAR EKSPRES – Mesin pemenangan Pasangan Calon (Paslon) Ahmad Syaikhu – Ilham Habibie (Asih) kian lengkap. Salah satunya dengan pengukuhan Tim Hukum dan Advokasi Jabar Asih.

Secara resmi, tim yang berisi sejumlah pakar dan praktisi hukum itu dikukuhkan, Senin (7/10). Mereka dikomandoi Sadar Muslihat, kader Partai Keadilan Sejahtera, yang juga pernah duduk sebagai Anggota DPRD Jabar.

Sadar mengungkapkan, tim yang baru dikukuhkan itu berasal dari gabungan tim hukum koalisi partai politik yang mengusung Asih. “Tugas kami adalah mengawal tim kampanye, kandidat, maupun kader dan simpatisan dari permasalahan hukum. Itu juga untuk menjaga kemenangan Asih,” jelasnya.

BACA JUGA: 9 Gunung Favorit Paling Indah di Jawa Barat yang Selalu Menjadi Tujuan Destinasi Para Pendaki

Sadar melanjutkan, regulasi yang memayungi Pilkada saat ini juga tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pilkada maupun pemilu sebelumnya. “Paling jadwal kampanye saja yang lebih pendek, aturan tidak banyak berubah,” tuturnya.

Sadar menegaskan, tim yang dibentuk itu juga telah cukup berpengalaman. Karena telah banyak mengawal beberapa pilkada maupun pemilu yang telah berlangsung.

Saat ini tim juga perlu sedikit lebih luwes karena pelaksanaan pilkada serentak. Di samping itu, peta koalisi di tingkat kota kabupaten tidak sepenuhnya sama dengan koalisi yang terjadi di tingkat provinsi.

BACA JUGA: Bey Machmudin Ungkap Kendala Groundbraking Legok Nangka, Sampah dari Bandung Raya Tetap Diangkut ke Sarimukti

Sadar menuturkan, ada sejumlah hal penting yang kini tengah menjadi perhatian tim hukum. Di antaranya terkait penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dinilai masih ada deviasi.

Persoalan berikutnya yang perlu diantisipasi adalah praktik politik uang di masyarakat. “Belajar dari pemilu, banyak praktik politik uang tapi tidak ada yang sampai dilaporkan. Khawatirnya masyarakat sudah menganggap itu biasa,” pungkasnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan