Naskah Khutbah Jumat tentang Hikmah Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Hadirin yang sama-sama dimuliakan Allah SWT

Keutamaan selanjutnya iyalah, apabila malaikat Isrofil sudah meniupkan trompet sangkakalanya, maka ketika itu pula semua yang ada di alam kubur akan dibangkitkan Allah SWT. Lalu bagaimana kedaaan bumi ini Ketika itu, idazassamaungfatorot, langit akan terbelah, waidzal kawakibung tasarot, dan planet planetpun bertabrakan,wa idzal biharu fujjirot, dan air lautpun bertumpahan kedaratan. Lalu kepada siapakah manusia bernaung? Ketika itu, kullumriin tahtaazil liisodaqotihi, bahwasannya, ketika itu setiap manusia akan bernaung di bawah amalan sodaqohnya, maka dari itu janganlah kita sungkan untuk mengeluarkan walaupun sedikit untuk sedekah di hari jumat, dikarenakan dengan pahala sedekah di hari jumat kita, itu bisa kita jadikan nauangan di yaumil akhir nanti

Keutamaan selanjutnya ialah, Nabi sallahu alaihi wasallam bersabda:

الصدقة تمنع ميتة السوء

Bahwasannya sodaqoh itu bisa menolak mati suuul khotimah. Jangan bangga dengan dzikirmu, jangan bangga dengan amalmu jangan bangga dengan puasamu, karena kita belum tentu selamat, apabila kita meninggalkan dunia ini dengan suul khotimah, naaudzu billahi min dzalik. Semoga kita semuanya Allah jadikan meninggalnya kita nanti, dalam keadaan husnul khotimah.

Untuk keutaman yang terkahir ialah, nabiyuna Muhammad pernah bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ الرَّبِّ وَصَدَقَةُ العَلاَنِيَةِ جُنَّةٌ مِنَ النَّار}

Yang artinya sedekah secara rahasia, itu bisa meredamkan murkanya Allah dan sedekah secara terang terangan merupakan perisai dari neraka.

Dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan sedekah akan didoakan Malaikat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari)

Hadirin sidang jumat yang sama sama dirahmati Allah SWT

Semoga dengan khutbah jumat ini, kita bisa mengambil hikmahnya dari keutamaan keutamaan sedekah di hari jumat, yang dimana sudah dijelaskan bahwasannya amal sodaqoh itu sangat berperan penting, mulai dari kehidupan kita di dunia ini, hingga menuju syurga yang kita harapkan nanti. Semoga Allah menjadikan kita hamba hambanya yang terdapat di jalannya,dan selalu di dalam ridhonya Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan