Imbas Kerusuhan di Pertandingan Kontra Persija: Dua Laga Tanpa Penonton dan Tiga Kali Penutupan 2 Tribun

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI resmi menjatuhkan sanksi kepada tim Persib Bandung. Hal ini buntut kerusuhan yang terjadi pada saat Pangeran Biru menjamu Persija Jakarta, pada 23 September 2024 lalu.

Merujuk pada laman Komdis PSSI, sanksi yang diterima Persib Bandung yakni larangan pertandingan tanpa dihadiri penonton hingga putaran pertama usai. Apabila melihat jadwal Liga 1 saat ini, Maung Bandung masih memiliki lima laga kandang yang kedepan tak boleh disaksikan para bobotoh.

“Sanksi dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah sampai separuh musim Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2024/25.” Tulis Komdis PSSI.

BACA JUGA:119.975 Pemilih Masuk Kategori Disabilitas, KPU Jabar akan Siapkan TPS Khusus di Pilkada Serentak

Sanksi tak boleh hadirnya Bobotoh pada lima laga kandang sisa Persib Bandung dibagi ke dalam dua jenis. Pertama, dua laga kandang persib terdekat sepenuhnya tak boleh dihadiri penonton. Untuk tiga laga sisanya yaitu penutupan tribun selatan dan utara. Hal ini sebagai mana tertuang dalam sidang putusan Komdis PSSI, 4 Oktober 2024.

“Dengan rincian yaitu penutupan seluruh stadion sebanyak dua pertandingan secara berturut-turut berlaku pada pertandingan terdekat dan dilanjutkan penutupan sebagian stadion yaitu tribun utara dan tribun selatan sebanyak tiga pertandingan,” lanjutnya

Selain itu, Persib pun didenda Komdis PSSI sebesar Rp295 juta. Keseluruhan sanksi tersebut buntut penyalaan flare di stadion, pelemparan botoh kearah steward, dan terakhir pengeroyokan.

BACA JUGA:Tahanan Titipan Kejaksaan Meninggal di Lapas Banjar

“Terjadi penyalaan flare dalam jumlah banyak, pelemparan air mineral dalam botol dan plastik ke arah steward di pinggir lapangan, masuknya penonton ke area lapangan pertandingan yang mengakibatkan penganiayaan dan kerusuhan serta adanya korban luka-luka,” jelasnya.

Dengan keluarnya sanksi tersebut, tak sedikit Bobotoh yang mengaku kecewa laga dilakukan tanpa penonton. Menurut salah satu Bobotoh, Irfan (27) menyebut, Persib tengah butuh sokongan moril imbas jadwal padat yang kini tengah dihadapi.

Kendati demikian, imbas kejadian kontra Persija, dirinya mengaku pantas bobotoh mendapatkan sanksi tersebut.

“Pemain padahal ker butuh semangat, jadwal padat, kemarin baru selesai dari China. Eh ada berita di sanksi tanpa penonton,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan