Pengmas FKG Unjani dan PDGI KBB Gelar Bakti Sosial di Wilayah Puskesmas Saguling Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Bandung Barat menggelar kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat (Pengmas).

Kegiatan yang digelar di wilayah Saguling, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 26 September 2024 tersebut dalam upaya mendukung kesehatan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan berlangsung di SD Negeri Cikande dan SD Negeri Cibodas itu diikuti sebanyak 435 siswa sekolah dasar sebagai peserta.

Beragam layanan kesehatan diberikan, mulai dari pemeriksaan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, hingga pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, para siswa juga mendapatkan aplikasi fluor topikal, yang diakhiri dengan kegiatan sikat gigi bersama.

Para peserta juga menerima hadiah berupa goodybag berisi sikat dan pasta gigi Pepsodent, susu, serta biskuit.

”Kegiatan ini melibatkan tim pelaksana yang terdiri dari 10 dosen Fakultas Kedokteran Gigi Unjani, 60 mahasiswa sarjana dan koas, serta 15 dokter gigi dari PDGI Kabupaten Bandung Barat,” ungkap Koordinator acara, drg. Isti Arifianti, Sp.Prost, dan drg.

Selain pemeriksaan kesehatan, lanjutnya, acara itu juga memberikan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang sangat penting bagi anak-anak.

”Penyuluhan ini disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya,” kata Isti. 

  1. Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Anak oleh drg. Henri Hartman, Sp.KGA

Drg. Henri Hartman, Sp.KGA, seorang spesialis kedokteran gigi anak, menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Dalam penyuluhannya, beliau menjelaskan terkait kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan gigi, seperti rutin menyikat gigi dua kali sehari, akan membantu mencegah terjadinya karies pada anak.

”Karies atau gigi berlubang pada anak merupakan masalah yang sering terjadi, dan dengan tindakan pencegahan yang tepat, risiko ini dapat ditekan,” terangnya.

Selain itu, Henri juga menekankan peran orang tua dalam mengawasi dan membantu anak-anak dalam menjaga kebersihan gigi.

  1. Edukasi Komposisi Pasta Gigi Anak sebagai Pencegahan Karies oleh drg. Zwista Yulia Dewi, M.DSc

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan