Bank Jago Berikan Pemahaman Pengelolaan Keuangan untuk Generasi Muda

JABARESKPRES – PT Bank Jago Tbk atau Bank Jago menggelar kegiatan talk show bersama Mahasiswa Universitas Padjadjaran dengan tema Tips Kelola Uang dan Merintis Karir di Era Digital.

Manager PT Bank Jago Tbk Muhammad Pandu dan Employee Branding Engagement Specialist Bank Jago Dwi Gelegar Gilang Ramadhan mengatakan, generasi muda atau lebih dikenal dengan gen z saat ini memiliki tantangan di era digital.

Tantangan tersebut mulai dari ekspetasi penghasilan yang terkadang tidak selaras dengan kebutuhan. Sehingga memiliki resiko menjaga kondisi keuangan untuk ke depannya.

Bank Jago melalui aplikasi dompet digitalnya memberikan Solusi keuangan dengan mengedepankan perencanaan dalam penggunaan. Sebab masalah yang kerap terjadi dikalangan generasi muda adalah kurang bijak dalam pengelolaan keuangan.

‘’Generasi muda acap kali kurang memiliki kepedulian terhadap kesehatan finansial yang masih rendah dan belum paham betul mengenai skala prioritas dalam kebutuhan,’’kata  Pandu dalam keterangan rilisnya, Kamis, (27/09/2024)

Berdasarkan riset Bank Jago, terdapat empat level kedewasaan finansial manusia yang diukur berdasarkan fokus keuangannya.

Level pertama adalah financial security, yakni aman secara finansial untuk membiayai kebutuhan dasar pribadi, seperti untuk makan, bayar sewa hunian, atau bayar listrik dan telepon.

Level kedua adalah financial resilience, yakni memiliki ketahanan keuangan yang lebih baik karena penghasilannya tak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi juga tersedia dana siaga ketika menghadapi kejadian tak terduga.

Level berikutnya adalah financial control atau memiliki kendali finansial. Punya penghasilan sendiri sehingga tidak lagi bergantung pada orang lain. Biasanya, mulai punya tabungan jangka panjang.

Level terakhir adalah financial freedom atau memiliki kebebasan secara finansial. Pada level ini masalah finansial sudah teratasi, punya dana pensiun dan dapat membahagiakan orang sekitar.

Keunikan Aplikasi Bank Jago

Bank Jago mengembangkan Aplikasi Jago yang isinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

‘’ Dalam mengelola keuangan, Aplikasi Jago menggunakan fitur bernama Kantong (Pockets),’’ ucap Pandu.

Menurutnya, fungsi Kantong serupa dengan amplop yang dahulu digunakan untuk alokasi uang. Nasabah dapat memisahkan uang ke dalam pos-pos yang berbeda sesuai kebutuhan, keinginan, serta tujuan keuangannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan