Dukung Pengembangan BAGEA, Begini kata Pemkot Bandung

JABAR EKSPRES  – Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, A. Koswara berikan dukungan penuh terhadap inisiatif Bandung Geospatial Excellence Advanced Access (BAGEA) sebagai program inovatif yang diinisiasi oleh Deni Pathudin selaku Kabid Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung.

Disampaikan Koswara, BAGEA sebagai optimalisasi pengelolaan data geospasial. Program ini juga diharapkan mampu menciptakan sistem informasi yang terintegrasi, akurat, dan efektif dalam menunjang perencanaan pembangunan kota.

“Kami sangat mendukung pengembangan BAGEA sebagai inisiatif strategis yang akan meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data geospasial. Program ini diharapkan mampu menjadikan Bandung sebagai kota yang lebih layak huni, modern, dan transparan,” ujarnya belum lama ini

Dijelaskan Koswara, pentingnya BAGEA sebagai solusi yang mendesak dalam rangka memperbaiki kualitas tata ruang dan pelayanan publik di Kota Bandung.

Menurutnya BAGEA hadir untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Bandung dalam pengelolaan data geospasial yang selama ini terfragmentasi dan tidak seragam. Masalah ini berdampak pada perencanaan pembangunan dan pengambilan keputusan yang seringkali tidak optimal.

Lebih lanjut BAGEA diharapkan dapat membangun sistem yang terintegrasi, melibatkan berbagai instansi, dan memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung perencanaan kota yang lebih efisien.

“Kota Bandung akan menjadi lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dengan adanya BAGEA. Pengelolaan data yang terintegrasi ini tidak hanya akan meningkatkan layanan publik, tetapi juga memperkuat kolaborasi lintas instansi dalam perencanaan kota yang berkelanjutan,” ucapnya

Selain pemerintah kota, BAGEA juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Badan Informasi Geospasial (BIG), Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Provinsi Jawa Barat dan Anggota DPRD Kota Bandung, serta berbagai perguruan tinggi seperti ITB, UPI, ITENAS, UNWIM DAN UNJANI

Dukungan ini menegaskan komitmen bersama untuk menciptakan sistem pengelolaan data geospasial yang andal, sesuai standar nasional dan internasional.

Melalui BAGEA, Bandung diharapkan mampu mewujudkan tata kelola perkotaan yang lebih efisien, meningkatkan kualitas hidup warganya, dan menjadi model bagi kota-kota lain dalam penerapan teknologi geospasial untuk pembangunan berkelanjutan. ()**

Tinggalkan Balasan