Destinasi Kampung Dekat Awan, Bukit Galau di Desa Sindulang Sumedang Perlu Ditingkatkan

JABAR EKSPRES – Potensi Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang kian dimanfaatkan guna mendorong pemberdayaan serta perekonomian lokal.

Pemerintah desa yang bekerjasama dengan warga, terus membenahi objek wisata di wilayah mereka, sebagai bentuk pengembangan potensi.

Kepala Desa (Kades) Sindulang, Ujang Supriatna mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan sejumlah potensi yang bergerak di bidang pariwisata.

“Di Desa Sindulang ada beberapa tempat wisata. Gunung Kerenceng, Bukit Galau, Taman Empang, Kampung Wisata Alam  Cigumentong dan Curug Sindulang,” katanya kepada Jabar Ekspres, Minggu (22/9).

Ujang menerangkan, dari pantauannya untuk kunjungan wisatawan ke Desa Sindulang yang tergolong banyak diminati, ada di objek Bukit Galau.

Diketahui, objek wisata desa yakni Bukit Galau merupakan area camping ground, dengan dataran sekira 1240 meter di atas permukaan laut (MDPL), kawasan tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung lokal maupun luar daerah.

Karenanya, Bukit Galau dapat menjadi pilihan bagi wisatawan, yang ingin menikmati kesunyian alam hingga dinginnya suhu udara.

Ujang menyampaikan, karena lokasinya yang tinggi membuat Bukit Galau dapat memberikan suguhan bagi siapa saja yang datang, dengan tampilan melihat luasnya pemukiman dari atas dan seakan berdekatan dengan awan.

“Kalau pagi-pagi kadang karena berkabut jadi kesannya kayak kita ada di atas awan, padahal enggak. Itu indah banget, bagus kalau dapet momen,” terangnya.

Berjarak sekira 500 meter dari jalan utama desa, tempat Bukit Galau menawarkan keindahan alam yang memikat, menjadikannya daya tarik bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pegunungan yang asri.

Tempat wisata ini memiliki luas lahan sekira mencapai empat hektare, yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi berbagai spot alam yang menarik.

Ujang menjelaskan, sejumlah fasilitas untuk membuat kenyamanan wisatawan kini sudah banyak disiapkan, meski menurutnya masih ada yang perlu dibenahi.

“Kalau weekend kunjungan ke Bukit Galau meningkat, banyak yang kemping. Wisatawannya gak dari Sumedang aja, ada dari Kabupaten Bandung bahkan ada yang sengaja datang dari Padalarang (Kabupaten Bandung Barat),” jelasnya.

Ujang mengungkapkan, pembenahan beberapa fasilitas dinilai diperlukan, supaya Bukit Galau dapat semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Sumedang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan