SMPN 1 Rancaekek Terapkan Kurikulum Merdeka, Siswa Antusias Aplikasikan P5

JABAR EKSPRES – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rancaekek, yang berlokasi di wilayah Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mulai terapkan kurikulum nasional.

Humas SMPN 1 Rancaekek, Dian Kardiansah mengatakan, untuk kelas 9 tidak secara penuh dirubah kegiatan belajar mengajarnya (KBM) menggunakan kurikulum nasional.

“Fokus menyeluruh penerapan kurikulum nasional atau kurikulum merdeka, kita di kelas 7 dan 8. Kalau kelas 9 karena mau selesai jadi hanya sedikit saja seperti melakukan projek praktik,” katanya kepada Jabar Ekspres, Rabu (18/9).

Dian menerangkan, penerapan kurikulum nasional di kelas 7 dan 8, merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) nomor 12 tahun 2024, tentang Penetapan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pada Paud, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah.

BACA JUGA:Akibat Gempa di Kabupaten Bandung, BPBD Jabar Sebut 491 Rumah Terdampak dan 81 Orang Terluka

“Jadi dalam sistem pembelajaran siswa, ada tambahan di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5,” terangnya.

Diketahui, P5 merupakan salah satu komponen inti dalam kurikulum merdeka. Penerapan P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning).

Proyek sengaja dirancang untuk membantu para peserta didik melakukan pendalaman, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Dian menjelaskan, dalam pengaplikasian P5 pada kurikulum merdeka, para peserta didik dilatih agar dapat memproses projek untuk diselesaikan, alias bisa menghadapi suatu permasalahan atau tugas dengan efisien.

BACA JUGA:Rotmut JPTP Diduga Langgar Aturan, Rini Sartika Bakal PTUN-kan Pj Bupati KBB

“Bertujuan juga untuk penguatan karakter disiplin dan kerjasama, secara waktu lebih terakomodir,” jelasnya.

Berikut Beberapa Contoh Penerapan P5

• Gaya hidup berkelanjutan
• Kearifan lokal
• Bhinneka Tunggal Ika
• Bangunlah jiwa dan raganya
• Suara demokrasi
• Rekayasa dan teknologi
• Kewirausahaan

Dian memaparkan, belum lama ini para siswa di kelas 7 hingga 9 telah menyelesaikan salah satu projek, sebagai pengaplikasian kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Tegas, Kapolres Ciamis Perintahkan Tembak di Tempat Pelaku Curat, Curas, dan Curanmor

“Contoh projek yang baru-baru ini dilakukan siswa, di budaya hidup sehat, dari hari Senin selama sepekan dilakukan, bagaimana cara memilah sampah sampai pembuatan tempat sampah,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan