Meski Ketersediaan Beras di Cimahi Terjamin, Kekhawatiran Terhadap Ketergantungan Impor Masih Membayangi

JABAR EKSPRES – Ketersediaan komoditas pangan di Kota Cimahi, khususnya beras, dipastikan masih dalam kondisi aman dan mencukupi. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini, saat melakukan kunjungan kerja untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di Pasar Atas Cimahi.

Anggia menyebutkan, hasil pengecekan di lapangan menunjukkan stok beras yang ada, baik dari Bulog maupun beras lokal, masih melimpah. Meskipun sempat menjadi masalah pada akhir 2023 hingga awal 2024, saat ini ketersediaan beras terpantau stabil.

“Tadi kita sudah lihat Pasar Atas Cimahi, kita sudah cek harga, kita sudah cek kondisi, kita sudah cek bagaimana ketersediaan pangan, baik itu beras, cabai, dan lainnya. Sejauh ini, kalau kita lihat tidak banyak masalah, ya,” ujar Anggia, usai melakukan tinjauan, Rabu (18/9/24).

Ia juga menekankan pentingnya ketersediaan beras mengingat beberapa waktu lalu stok beras sempat menipis dan menjadi persoalan serius. Namun, kini stok yang tersedia, khususnya dari Bulog, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saya memastikan karena pihak Bulog di sini, sedangkan banyak yang bertanya-tanya apakah benar selalu ada, tetapi tadi kita lihat bahwa beras dari Bulog banyak,” tegasnya.

BACA JUGA: Kapan Tayang Film Terbaru Jung Hae In “I, the Executioner: A Veteran Story” di Bioskop Indonesia

Anggia juga mengungkapkan, meskipun ketersediaan beras saat ini dibantu oleh impor sebanyak 3,05 juta ton pada periode Januari hingga Agustus 2024, Komisi IV DPR RI masih mengkhawatirkan ketergantungan terhadap impor tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong Kementerian Pertanian untuk memastikan produksi beras dalam negeri tetap terjamin.

“Yang kita impor sebesar itu pun masih membuat Komisi IV khawatir, karena kita belum bisa sepenuhnya menekan angka impor tersebut. Oleh karena itu, kita mau memastikan bahwa produksi dalam negeri memang terjamin,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Budi Raharja, menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Komisi IV DPR RI tersebut. Ia menjelaskan bahwa selama enam bulan terakhir, ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan di Kota Cimahi masih terjaga dengan baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan