Sudah Rutin Sholat Dhuha Namun Rezeki Masih Seret?, Bisa Jadi Karena Hal Ini

JABAR EKSPRES – Sholat dhuha merupakan salah satu amalan ibadah sunnah yang bisa membuka pintu rezeki. Hal ini sangat jelas karena ada banyak dalil yang menguatkannya.

Seperti beberapa hadits dibawah ini:

Dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghathafaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451 . Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca juga : Bukti Sholat Dhuha Bisa Menyehatkan Persendian

Dari Uqbah bin Amir Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ‎shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

“Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai ‎anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad, 4: 153. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Perawinya tsiqah termasuk dalam jajaran perawi kitab shahih kecuali Nu’aim bin Himar termasuk dalam perawi Abu Daud dan An-Nasa’i).‎

Sebagai salah satu amalan yang bisa memperlancar rezeki, banyak kaum muslim yang sengaja merutinkan sholat dhuha hingga seperti ibadah wajib.

Namun tidak sedikit pula yang mengaku sudah rutin melaksanakan sholat dhuha tapi rejeki tetap saja tidak berlimpah, bahkan justru cenderung seret.

Hal ini bisa karena berbagai faktor, sangat penting untuk diketahui apa saja faktornya, agar kita bisa memperbaikinya.

Berikut beberapa faktor yang membuat sholat dhuha kita tidak diterima dan rezeki tetap seret, diantaranya :

1. Salah niat

Jangan melakukan amalan karena niatnya ingin rezeki. Berniatlah melakukannya karena Allah, rezeki yang datang selanjutnya adalah bonus.

2. Kurang shodaqoh

Sedekah itu ibarat pemancing rezeki, percuma kita rutin shalat Dhuha namun enggah bersedekah, karena sedekah berarti menolong orang lain, dan Allah akan menolong hambaNya selama hamba tersebut mau menolong orang lain, bagaimana Allah mau menolong kita jika kita enggan menolong orang lain?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan