Mega Baksos FK UNJANI Mengabdi 2024

JABAR EKSPRES – Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi (FK Unjani) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Dosen dan Mahasiswa di Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan tajuk “MEGA BAKSOS FK UNJANI MENGABDI”.

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Program Studi yang berada di bawah naungan FK Unjani dikomandoi ketua pelaksana sekaligus Ketua Pusat Riset dan Publikasi FK Unjani, dr. Siska Telly Pratiwi, M.Kes.

Kegiatan pengabdian masyarakat FK Unjani Cimahi ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Dekan FK Unjani, Dr. Wendra, dr., M.Kes yang kemudian dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unjani, dr. Dewi Ratih Handayani., M.Kes. Dalam kegiatan ini juga telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara FK UNJANI dengan Nurul Fikri Boarding School, IDI cabang serang, dan desa Cikolelet

Siska mengatakan, kegiatan Mega Balsos FK Unjani ini dilaksanakan oleh seluruh departemen dari 4 prodi yang berada di FK Unjani. Mega Baksos dilaksanakan secara paralel dengan berbagai kegiatan di 3 tempat. Di Nurul Fikri Boarding School, dilaksanakan kegiatan khitanan massal, pemeriksaan Kesehatan, penyuluhan, pelatihan BHD dan donor darah dengan keterlibatan dari Departemen Bedah, Mata, Farmakologi, Patologi klinik, Patologi Anatomi, THT, Mikrobiologi, Parasitologi, Kulit dan kelamin, Anatomi, Biokimia, Ilmu Penyakit Dalam, Obestetri dan Ginekologi, IKA FK Unjani, dan Prodi MPKE FK Unjani.

Di Desa Cikolelet juga dilakukan beerbagai kegiatan pengabdian dari departemen Kedokteran Jiwa, Forensik, Kedokteran Komunitas, IKM, Ilmu Kesehatan Anak, IPD, Fisiologi, Histologi, Lab Biovak, IKA FK Unjani, dan prodi ARS. Di tempat terpisah yaitu Pemda Serang, Departemen Anestesi dan Kedaruratan medik mengadakan pelatihan kedaruratan dan managemen bencana untuk Masyarakat awam dimana ini adalah unggulan dari Prodi Kedokteran FK Unjani.

Masyarakat Serang di ketiga tempat menyambut baik kegiatan ini yang ditandai dengan antusiasnya Masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim Pengmas FK Unjani ini.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama dari segi kesehatan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat., pungkas Siska.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan