Temukan 27 Ribu Pemilih Pemula di Kota Bandung, Pemkot Sisir Sejumlah Sekolah

JABAR ESKPRES, BANDUNG – Angka pemilih pemula tahun ini tercatat cukup banyak menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, jumlah itu mencapai puluhan ribu pemilih.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muchtar mengungkapkan, angka tersebut fluktuatif dan berkemungkinan alami peningkatan. Pihaknya masih terus memproses kelengkapan data. Menurutnya diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pilkada tahun ini.

“Untuk pemilih pemula masih fluktuatif. Di posisi ada 27 ribuan untuk pemilih pemula. Terus kami lengkapi. Kami berikan juga dokumen kependudukan. Lalu untuk berusia 17 tahun saat November, kami sudah berakselerasi,” ungkap Tatang kepada wartawan, Jumat (23/8).

“Kami bergulir juga ke sekolah-sekolah untuk perekaman data. Setiap hari ada. Kalau untuk anak yang terlewati bisa datang ke kecamatan. Untuk perekaman ini kan akses data hanya untuk wilayah warga bersangkutan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Partai Nonparlemen di KBB Dipastikan Bakal Membentuk Koalisi Usung Cakada Pilkada 2024

Jadi saat ini, katanya, Disdukcapil Kota Bandung tengah berusaha melakukan semacam pemadanan data dan perekaman kepada pemilih pemula. Bahkan akselerasi untuk pendataan diupayakan lebih luas.

“Dibuka se-Kota Bandung. Akselerasi. Misalkan walaupun siswa bukan orang Ujung Berung, masih bisa melakukan perekaman di Kecamatan Ujung Berung. Pertemuan para kepala sekolah dan kecamatan pun sudah dilakukan. Mudah-mudahan bersinergi,” tegasnya.

“Upaya ini saya kira sangat efektif. Sehingga pelayanan kantor ini sudah tersebar. Adapun data pemilih sementara itu nanti akan ditetapkan dengan daftar pemilih tetap, pada September,” tandasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung selesai melakukan pleno penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat kota. Itu menjadi rangkaian setelah pleno dilakukan dari tingkat PPS hingga kecamatan yang telah berlangsung.

BACA JUGA:Alokasi Kursi DPRD Kota Bogor dan Calon Terpilih Ditetapkan, Ini Perolehannya!

Hasilnya, tercatat jumlah pemilih sementara untuk Pilkada Kota Bandung di angka 1.890.607 pemilih. Rinciannya terdiri dari 933.895 pemilih laki-laki dan 956.748 pemilih perempuan. Sementara untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di angka 3.590 titik.

Wenti melanjutkan, data pemilih itu juga masih belum resmi karena masih ada beberapa tahapan lagi sampai ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Jadi kan ada masa tanggapan masyarakat juga, baru nanti sampai penetapan DPT,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan