Kelas Karyawan jadi Solusi Pekerja Melanjutkan Pendidikan Tinggi

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Kelas karyawan jadi salah satu solusi bagi pekerja untuk mengakses pendidikan tinggi. Karena program itu lebih fleksibel secara waktu.

Salah satu kampus yang menyediakan program kelas karyawan di Kota Bandung adalah Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung. Sedikitnya ada delapan program studi yang bisa diakses untuk kelas karyawan.

Di antaranya program studi PAI, PIAUD, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Keluarga Islam, Administrasi Publik, Ekonomi Syariah, Manajemen, dan Akuntansi. “Jadwal belajarnya lebih fleksibel, jadi sangat cocok untuk karyawan,” kata Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi.

Hendar melanjutkan, selain kelas karyawan, di UM Bandung juga ada program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program itu dirancang khusus karyawan. Konsepnya, karyawan yang memiliki pengalaman kerja relevan dapat mengajukan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki. “Jadi memungkinkan mahasiswa untuk mempercepat waktu studi karena pengalaman kerja tersebut dapat dikonversi menjadi kredit akademik,” tuturnya.

Program RPL itu dapat dimanfaatkan pada empat fakultas dan delapan belas program studi yang ada di UM Bandung. “Mahasiswa bisa menghemat waktu dan biaya lewat RPL ini,” cetusnya.

Masih kata Hendar, kelas karyawan ataupun program RPL memang sengaja digelar untuk membantu para karyawan. Tidak sedikit karyawan baik pegawai negeri maupun pegawai swasta memiliki mimpi untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Tapi para karyawan itu cukup terkendala dari sisi waktu. Maklum tanggung jawab dan tugas pekerjaan harus dituntaskan.

Karena itulah dengan kelas karyawan maupun program RPL dapat menjadi gayung bersambut akan kebutuhan itu. Karyawan bisa melanjutkan pendidikan tapi tidak harus mengorbankan pekerjaan.

Di sisi lain, program itu juga menjadi salah satu kontribusi UM Bandung dalam mendukung upaya peningkatan kualitas SDM. Masyarakat bisa mengakses pendidikan tinggi dengan waktu yang lebih fleksibel. Utamanya bagi para karyawan.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan