West Java Festival 2024: Tema Harmoni Kolaborasi Usung Semangat Kekompakan

JABAR EKSPRES, Kota Bandung – West Java Festival siap mengguncang Jawa Barat. Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Barat ini akan dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2024.

West Java Festival 2024 mengusung tema ‘Harmoni Kolaborasi’. Tema tersebut dipilih karena menggambarkan kekompakan dan kebersamaan masyarakat dalam menghadapi beragam dinamika kehidupan sosial.

“Tema ini memperlihatkan kerja sama maupun sinergi antara pemerintah, komunitas, dan masyarakat dalam merayakan sekaligus mengenang sejarah, budaya, serta pencapaian-pencapaian Jawa Barat. Ini juga menjadi gambaran kekuatan dan persatuan masyarakat Jawa Barat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar, Selasa (20/8/2024).

Menurut Benny, Harmoni Kolaborasi melambangkan persatuan tiga wilayah budaya di Jawa Barat yaitu Melayu-Betawi, Kacirebonan, dan Sunda Priangan.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Targetkan 65.000 Orang Akan Kunjungi West Java Festival 2024

Bermacam seni budaya dari berbagai daerah akan dipadukan melalui kolaborasi apik di West Java Festival 2024.

“Harmonisasi ini sangat penting sekali karena merupakan sebuah keanekaragaman. Kita perlu mengakomodasi semua untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di wilayah Jawa Barat,” ucap Benny.

Dari lima hari pelaksanaan WJF 2024, ada beragam acara yang bisa disaksikan masyarakat secara langsung dan gratis di Gedung Sate, selama dua hari Jumat – Sabtu (23 – 24/8/2024). Seperti bazaar UMKM, festival kuliner, workshop, seminar, atraksi seni budaya, dan pertunjukan musik.

Di hari terakhir, akan ada konser musik yang bakal diramaikan dengan penampilan bintang-bintang papan atas. Konser tersebut nantinya diselenggarakan di kawasan GOR Saparua Kota Bandung.

“Tahun ini konsepnya beda dengan sebelumnya. Ada berbagai festival di Gedung Sate yang diadakan selama dua hari yaitu pada 23 sampai 24 Agustus 2024. Kemudian konser musik di GOR Saparua tanggal 25. Tentunya ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan ekonomi di Jawa Barat,” pungkas Benny.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan