Jelang Pilkada 2024 KPU Ciamis Gelar Bimtek Kehumasan Bersama Organisasi Wartawan

JABAR EKSPRES – Dalam rangka persiapan Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menjalin kerjasama dengan sejumlah organisasi wartawan setempat untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan bagi 27 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh Kabupaten Ciamis.

Said Attanjani, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Ciamis, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para PPK mengenai pentingnya komunikasi yang efektif melalui media sosial. Hal ini sangat krusial untuk menyampaikan informasi terkait tahapan Pilkada 2024 kepada masyarakat.

“Kami berharap setiap PPK dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang tahapan Pilkada, mulai dari tingkat kecamatan hingga ke desa,” ungkapnya, Jumat 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:Heboh, Ada Papan KPK Sita Lahan di Desa Medanglayang Ciamis!

Dalam Bimtek ini, hadir tiga narasumber dari organisasi wartawan, yaitu Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI). Selain memberikan materi, para narasumber juga berperan sebagai mentor yang memberikan pelatihan langsung kepada para PPK.

Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek penting, seperti tata cara penulisan kehumasan, dasar-dasar jurnalistik yang mencakup 5W+1H, teknik pengambilan foto, dasar pengambilan video dan reportase, serta editing video.

Ketua IJTI Galuh Raya, Yosep Trisna, menekankan pentingnya Bimtek ini untuk meningkatkan kemampuan penyampaian informasi oleh PPK se-Kabupaten Ciamis selama tahapan Pilkada 2024.

“Dalam era digital yang semakin berkembang, kegiatan ini sangat penting agar masyarakat dapat menerima informasi secara terbuka dan akurat melalui PPK mengenai tahapan Pilkada yang sedang berlangsung,” jelasnya.

BACA JUGA:Antisipasi Kekeringan, BPBD Kota Cimahi Siapkan Satgas dan Operasi Dropping Air Bersih

Setelah penyampaian materi, peserta diwajibkan untuk mengerjakan sampel laporan atau rilis kegiatan yang akan dinilai oleh mentor dari ketiga organisasi wartawan tersebut.

Yosep berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para PPK Kabupaten Ciamis untuk memahami dan mempraktikkan materi yang telah diberikan, termasuk penulisan, pengambilan foto dan video, serta editing video hingga menjadi konten yang informatif bagi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan