Simpang Cibogo-Sadarmanah Kerap Macet Parah, Dishub Cimahi Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas

JABAR EKSPRES – Dalam upaya mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan simpang Cibogo-Sadarmanah, Jalan Kerkoff, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi melaksanakan uji coba rekayasa arus lalu lintas pada Selasa (13/8).

Uji coba ini melibatkan Dishub Kota Cimahi, Satlantas Polres Cimahi, dan jajaran TNI. Rekayasa lalu lintas yang diterapkan meliputi pengaturan kendaraan dari arah Sadarmanah yang hanya dapat belok kiri ke Jalan Kerkoff dan berbelok di depan Borma untuk menuju Jalan Cibogo atau Batujajar.

Kendaraan dari arah Batujajar juga harus memutar di depan Borma jika ingin menuju Jalan Cibogo.

Menurut Edi (36), seorang warga setempat, rekayasa laku lintas di lokasi tersebut terbilang efektif untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi.

BACA JUGA: Kawal Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Kota Bogor Antisipasi Peta Kerawanan

“Menurut saya rekayasa lalu lintas ini efektif apalagi kalau lagi macet. Soalnya ini kan yang bikin macet itu belok ke arah Jalan Cibogo,” ucapnya saat ditemui Jabar Ekspress.

Ia menambahkan, tanpa rekayasa lalu lintas, kemacetan di pagi dan sore hari menjadi sangat parah.

“Kalau tidak ada rekayasa lalu lintas jam-jam sibuk kaya pagi atau sore udah pasti macet total aja,” kata Edi.

Semenetara itu, warga lainnya, Budi (33), memberikan dukungannya terhadap rekayasa tersebut yang dinilai dapat mengatasi kemacetan yang padat.

BACA JUGA: KDRT Cut Intan Nabila Jadi Alarm Bagi Kaum Perempuan, Netizen: Jangan Takut untuk Meninggalkan Mereka yang Tak Menghargaimu

“Efektif jadi ga macet, soalnya dari semua arah pasti lewat sini ke Jalan Kerkoff. Titik macetnya sebenarnya di Borma karena banyak kendaraan masuk, apalagi sore hari,” terangnya.

Menurut Budi, selama ini kerap terjadi kecelakaan laku lintas yang disebabkan saling serobotnya kendaraan roda dua.

“Sering ada kejadian entah yang nyebrang ke tabrak, atau motor jatuh. Itu karena macet, jadi pengendara saring serempet mungkin buru-buru juga,” kata Budi.

Di sisi lain, Kepala Dishub Kota Cimahi, Ruswanto, menjelaskan bahwa uji coba ini dilaksanakan dari 13-14 Agustus 2024 pada pukul 06.00-08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan