Manfaatkan KUR, Warung Soeka Sukses Kembangkan Usaha Jadi Bakery Favorit di Sumenep

JABAR EKSPRESPandai memanfaatkan peluang menjadi salah satukunci penting bagi keberhasilan suatu usaha. Hal ini juga yang dilakukan oleh Nur Fitra, seorang ibu rumah tangga asalSumenep dalam mengembangkan usahanya sejak 2014 lalu.

Berbekal passion dalam bidang kuliner, Fitra memiliki ide untukberjualan roti yang awalnya menggunakan sistem pre order, ataudibuat berdasarkan pesanan saja. Lambat laun, roti buatan Fitramenarik banyak peminat yang kemudian menjadi peluangbaginya membangun usaha bakery sendiri.

Fitra bercerita bahwa kecintaannya terhadap dunia kuliner sudahdimulai sejak ia belum menikah. Awalnya, ia sempat memilikiusaha catering di Pulau Sapeken yang merupakan tanahkelahirannya. Begitu menikah dan pindah ke Sumenep, iakemudian mencoba peluang berjualan roti yang awalnya hanyauntuk dijual di kantor sang suami.

“Di tahun 2014, saya coba-coba bikin roti untuk dijual di skalakecil, dibawa ke kantor suami. Ternyata responsnya bagus, peminatnya banyak, jadi saya mulai tertarik untuk terjun lebihdalam lagi ke dunia bakery. Jadi sejak itu saya coba belajar-belajar lagi teknik membuat roti. Kalau bakery ini kan modalnyabesar karena alat-alatnya banyak. Awalnya saya pakai oven tangkring, terus ngulennya pake hand mixer, kadang jugamanual pakai tenaga otot. Ternyata peminatnya semakin banyakkarena banyak yang repeat order juga,” kenang Fitra di masa awal merintis usaha.

Warung Soeka menjadi nama yang dipilih untuk usaha roti tersebut. Nama ini sendiri sebenarnya diambil dari usahacatering yang sempat ia jalani sebelum menikah, denganharapan produk yang dijual tidak hanya sebatas roti saja, tapijuga aneka makanan lainnya.

Dulu waktu memulai usaha, kan lagi booming Roti Boy. Nah saya buat itu kebetulan banyak yang suka. Tapi kalau di WarungSoeka kita kasih nama Roti Bin. Produk ini juga yang bikinnama Warung Soeka besar dan dikenal banyak orang, bahkansampai sekarang masih tetap jadi produk favorit,” ungkap Fitra.

Kini, Warung Soeka semakin mendapatkan tempat di hatimasyarakat Sumenep. Hal ini terbukti dari jumlah orderan Fitrayang semakin bertambah hingga ratusan pieces setiap harinya. Sempat kewalahan sendiri karena alat-alat yang kurangmemadai, Fitra pun berpikir untuk mengajukan pinjaman KreditUsaha Rakyat (KUR) dari BRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan