Pajak Bertutur, DJP Jabar I Bangun Generasi Sadar Pajak

JABAR EKSPRES – Sekitar 75 siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 7 Bandung mengikuti kegiatan Pajak Bertutur di ruangan multimedia SMAN 7 Bandung, Jalan Lengkong Kecil nomor 53 Bandung, (Rabu, 7/8). Kegiatan yang terselenggara berkat kolaborasi sinergis Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I dengan SMAN 7 Bandung itu bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian para siswa tentang pentingnya pajak. Selain itu, kegiatan yang bertema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas” itu juga merupakan bagian dari inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan.

Kepala SMAN 7 Bandung Yudin Wahyudin mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kanwil DJP Jawa Barat I yang telah berkolaborasi sinergis sehingga acara Pajak Bertutur 2024 dapat diselenggarakan di SMAN 7 Bandung. Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Barat I Rudi Munandar menyampaikan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2024, dibutuhkan generasi muda yang tidak hanya cakap, cerdas, dan terampil, namun juga memiliki integritas dan kesadaran terhadap pajak.

“Generasi sadar pajak merupakan salah satu pilar penting dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, karena pajak merupakan sumber utama pendapatan negara. Lebih dari 80% pendapatan negara bersumber dari penerimaan pajak,” ujarnya. Ia menambahkan, “Pajak memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Uang pajak digunakan untuk membiayai berbagai
kebutuhan negara seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan masih banyak yang lainnya,” imbuhnya.

Rudi berharap para peserta dapat tumbuh menjadi warga negara yang sadar pajak dan berkontribusi secara positif bagi negara. “Kami berharap para siswa menjadi generasi emas, generasi sadar pajak yang berperan aktif mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045,” pungkasnya. Di acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB itu, materi disampaikan oleh Penyuluh Pajak Dwi Wahyuningsih dan petugas dari Kanwil DJP Jawa Barat I Fanzi Siddiq dengan dipandu oleh MC Aulia Dewi Anggraeni. Dwi dan Fanzi menjelaskan secara garis besar tentang APBN, termasuk peran pajak yang merupakan sumber utama pendapatan negara. Oleh Dwi, APBN diibaratkan sebagai dompet atau wadah yang menyimpan uang masuk dan sebagai media untuk melihat kemampuan berapa uang yang dapat dibelanjakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan