Perkuat AHYPP, Yayasan AHM Dorong UMKM Bengkel Binaan Naik Kelas

“Kami ingin hadir menemani mimpi generasi muda agar berdaya saing tinggi dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru yang berdampak positif di masyarakat. Peningkatan level UMKM bengkel di daerah masing-masing butuh sinergi kuat, konsistensi, dan semangat juang agar para pahlawan ekonomi ini dapat terus mengembangkan usahanya sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi sepeda motor”, ujar Muhib.

BACA JUGA: KKN Tematik Satu Hati, Wujud Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri

Ciptakan Lapangan Kerja

Program AHYPP digulirkan oleh Yayasan AHM sejak 2017 guna menemani para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Pada program ini, seluruh bengkel binaan mendapatkan dukungan peralatan perbengkelan dan standardisasi bengkel UMKM, sekaligus akses permodalan untuk pengembangan usaha bagi yang berprestasi. Dalam mendukung pengelolaan operasional bengkel, YAHM menyiapkan platform pengelolaan keuangan, pengelolaan stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggannya.

Pengusaha UMKM bengkel ini merupakan para alumni SMK binaan AHM yang menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Para anggota AHYPP telah mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta dengan level pelayanan yang terus meningkat.

Sejalan dengan peningkatan kinerja bisnis bengkel, bengkel binaan Yayasan AHM telah memiliki karyawan mulai dari 1 sampai 5 orang. Sebagian besar karyawan menempati posisi mekanik hingga tenaga administrasi. Beberapa bengkel binaan bahkan juga menjadi tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM.

Selain memberikan dukungan secara kompetensi dan fasilitas, Yayasan AHM juga mendampingi perkembangan bisnis bengkel binaan AHYPP untuk memastikan pertumbuhan bisnis bengkel. Saat ini, bengkel AHYPP tersebar dari provinsi Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan