Soal Kepala BUMD Maju di Pilkada 2024, Bey Machmudin: Sebaiknya Segera Ambil Cuti

JABAR EKSPRES – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin meminta kepada salah satu Kepala Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD di Kota Bandung untuk segera mengambil Cuti Diluar Tanggungan Negara (CTLN) jika ingin maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal ini disampaikan Bey usai menggelar Rapat Pemimpin (Rapim) bersama seluruh Kepala Dinas (Kadis) dan Pj Bupati/Wali kota se Jabar di Gedung Sate Bandung, Selasa (6/8).

“Kalau akan maju seperti halnya seperti Sekda (di Kabupaten/kota) itu sebaiknya cuti diluar tanggungan (CTLN) supaya menghindari konflik kepentingan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Bey mengungkapkan CTLN ini merupakan langkah yang baik dilakukan oleh para pejabat khususnya di Jabar jika ingin mengikuti atau menjadi kontestan di Pilkada 2024.

BACA JUGA: Selidiki Kematian Ibu dan Anak di KBB, Polres Cimahi Libatkan Psikologi Forensik

“Karenasaya bayangkan kalau ada pejabat baik di Pemrov, pemkab, pemkot, ataupun di BUMD yang maju lalu dia masih menjabat, itu kan kasian stafnya dibawa – bawa ke politik. Jadi sebaiknya cuti diluar tanggungan dan juga agar menghindari kepentingan menggunakan fasilitas entah BUMD atau Kota Kabuoaten/kota, dan provinsi. Jadi tahapannya harus cuti, lalu setelah daftar harus resign (keluar),” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa saat ini pemerintah kota (Pemkot) melalui sekretaris daerah (sekda) akan segera memangil kepala BUMD yang bakal mengikuti Pilkada 2024.

Pemanggilan ini dilakukan agar kepala BUMD tersebut segera mengambil CTLN.

“Saya sudah perintahkan pak sekda (Kota Bandung) untuk memanggil Sony Salimi (Kepala BUMD yang ikut Pilkada 2024) untuk mengambil kalau memang mau ikut bursa pilkada untuk segera mengambil cuti,” katanya.

BACA JUGA: BARU LAGI, Link Tes Ujian GAMON Buktikan Mantan Bukan Hal Penting Lagi Buat Kamu

Bambang menuturkan, sampai saat ini yang bersangkut belum mengambil atau mengajukan CTLN dalam rangka mengikuti Pilkada 2024. “Sampai sekarang belum, jadi siang ini akan dipanggil oleh pak sekda,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kepala BUMD yang akan mengikuti Pilkada 2024 khususnya Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung yakni Sony Salimi. Sony yang juga sebagai Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtawening atau PDAM ini, maju untuk menjadi Bakal Calon Wali Kota Bandung 2024 melalui Partai Gerindra.(San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan