PKS Inginkan Kembali Kursi Ketua DPRD Kota Bandung

JABAR EKSPRES –  Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Bandung periode 2024 – 2029 telah dilantik. Kini pembentukan Fraksi, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) maupun pemilihan pimpinan DPRD tengah bergulir.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun menginginkan kursi Ketua DPRD bisa diduduki kembali. “Sesuai aturan memang Ketua DPRD jadi haknya partai pemenang pemilu,” terang Ketua DPD PKS Kota Bandung Ahmad Rahmat Purnama, Selasa (6/8).

Pria yang juga dilantik sebagai Anggota DPRD Kota Bandung itu menambahkan, penentuan untuk nama yang akan dimandatkan sebagai ketua DPRD dari PKS nantinya juga tidak sepenuhnya ditentukan di tingkat kota. Tapi turut bergulir di tingkat pusat. “Kami juga sedang menunggu SK dari DPP terkait namanya,” sambung Ahmad.

BACA JUGA: Berkas Perkara Telah Dilimpahkan, Harvey Moeis Segera Disidangkan?

PKS memang menjadi pemenang pemilu di Kota Bandung. Ia berhasil memboyong 11 kursi DPRD.

Sementara untuk urutan kedua  Partai Gerindra dengan 7 kursi. Berikutnya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 7 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai Nasdem 6 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa 5 kursi, Partai Solidaritas Indonesia 4 kursi, dan Partai Demokrat 3 kursi.

Di periode sebelumnya, kursi Ketua DPRD Kota juga telah di tangan PKS. Yakni Tedy Rusmawan yang menjadi ketua.

BACA JUGA: CEK Kuota Calon Praja IPDN Jabar 2024, Ini Jumlahnya

Kemudian untuk wakil ketua ada di tangan Partai Gerindra dengan Kurnia Solihat, PDIP dengan Achmad Nugraha dan Partai Golkar dengan Edwin Senjaya.

Di sisi lain, Ketua Sementara DPRD Kota Bandung Agus Andi Setyawan mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengupayakan percepatan dalam pembentukan AKD, Fraksi maupun ketua Dewan tersebut. “Semoga bisa dilaksanakan dengan cepat, setelah ini akan undang perwakilan partai,” jelasnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan