Penyebab Pabrik Tekstil di Dayeuhkolot Terbakar

JABAR EKSPRES – Kebakaran terjadi di sebuah pabrik tekstil yang berlokasi di Jalan Raya Dayeuhkolot, Desa Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (1/8/2024).

Berdasarkan informasi, kebakaran yang terjadi ini diduga karena adanya perbaikan mesin tekstil yang sedang dilakukan di pabrik tersebut.

Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Suyatno mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi pada pukul 09.30 WIB.

“Jadi saat dilakukan perbaikan mesin kain, pekerja suka mencoba menyalakan mesin sehingga tadi langsung terjadi peristiwa itu,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Suyatno menjelaskan, kebakaran ini terjadi karena adanya oli yang keluar dari mesin, sehingga ketika saat menyalakan mesin, keluar percikan api ke tumpukan kain tersebut.

“Dari mesin itu juga ada olinya juga, ada pemanasnya juga, mungkin dari percikan pemanas itu kena oli, dari percikan itu ke tumpukan kain. Itu yang membuat percikan api,” katanya.

Sementara itu, Kadisdamkar Kabupaten Bandung, Iman Irianto Sudjana mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran sekitar pukul 09.30 WIB.

Pihaknya pun langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan menggunakan dua sektor pemadam kebakaran dari Baleendah dan Soreang.

“Mendapatkan laporan kita langsung terjun langsung koordinasi dengan command center menurunkan regu Pemadam Pos Baleendah dan Pos Mako Soreang. Kedua tim langsung meluncur dengan kekuatan 15 personil ke lokasi kebakaran,” kata Iman.

Menurut Iman, saat di lokasi petugas langsung mencoba melakukan pemadaman agar api tidak menyebar dan berusaha menyelamatkan aset yang belum terbakar.

Kemudian tak berselang lama api pun berhasil dipadamkan.

“Alhamdulillah api padam sekitar jam 10an. Sekarang sedang dalam tahap pendinginan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan