Emak-emak di Padalarang Dukung Yayat Maju di Pilkada, Relawan: Aspirasi tak Terbendung

JABAR EKSPRES  – Ratusan emak-emak di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) memantapkan dukungan ke Yayat T. Soemitra untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Mereka siap bergerak memenangkan pria yang akrab disapa Kang Yayat itu. Selain dari emak-emak, komunitas guru ngaji, para pegiat esport, dukungan juga datang dari para pegiat koperasi dan simpul-simpul lainnya.

Rosali, ketua relawan Balad Kang Yayat, mengaku jejaring dukungan untuk Kang Yayat tak hanya di tingkat desa, tapi juga hingga RT dan RW.

“Ini di luar dugaan kami. Aspirasi rakyat tak terbendung. Sedikit demi sedikit, asalnya satu dua orang, lalu jadi semakin banyak seperti sekarang,” ujarnya kepada wartawan, di Padalarang, Bandung Barat, Rabu (31/7/2024).

BACA JUGA: Uu Ruzhanul Ulum Sowan ke Partai Demokrat, Perkuat Eksistensi Maju di Pilgub Jabar

Ia mencontohkan dukungan dari para pegiat koperasi yang menaruh harapan besar kepada Kang Yayat. Saat deklarasi, yang hadir ada sekitar seratus orang. Namun, setelah dilakukan pendataan ulang ternyata jumlahnya di luar dugaan.

Hal itu di antaranya terlihat di koperasi Harapan Keluarga Sejahtera. Diketahui, koperasi yang didirikan pada 2015 itu memiliki puluhan ribu anggota yang semuanya satu suara mendukung Kang Yayat.

“Banyaknya dukungan dari masyarakat membuat para relawan semakin semangat untuk bergerak secara kontinyu, tanpa kenal lelah, agar agenda politik di pilkada tahun ini bisa gol seperti yang diharapkan. Kami menilai Kang Yayat memang orang yang tepat untuk memimpin Kabupaten Bandung Barat,” papar Rosali.

Sementara itu, Ketua Japri YTS, unsur relawan Yayat T.Soemitra lainnya, Dzar Algipari menegaskan bahwa dukungan untuk Kang Yayat dari masyarakat Bandung Barat saat ini bottom up. Dalam artian, dari perkampungan dan desa-desa.

“Banyak yang menyambut sukacita masyarakat di kampung-kampung. Katanya alhamdulillah Pak Haji Yayat jadi Bupati lagi,” katanya.

Ia memisalkan, relawan Japri YTS yang dikelolanya itu beranggotakan banyak generasi milenial. Sebagian mereka adalah komunitas gamers dan esport.

“Iya kami rasa semangatnya Pak Yayat cocok dengan kita. All in pokoknya,” ujarnya. “Anggota kami juga banyak yang aktif di media sosial facebook. Kalo anggota grup di FB mah ya banyak lah, lebih lima puluh ribu member,” katanya lagi.

Tinggalkan Balasan