Atlet Australia Banyak Raih Mendali Emas, Kini Negara Kangguru Berada di Posisi Tiga Klasemen Olimpiade Paris 2024  

Sampai Olimpiade Tokyo 2020, kedua negara ini merupakan para pengumpul medali renang yang paling banyak.

Australia sudah mengumpulkan 212 medali yang terdiri dari 69 medali emas, 70 medali perak, dan 73 medali perunggu, sedangkan Amerika Serikat telah mengoleksi 579 medali yang terdiri dari 257 emas, 178 perak, dan 144 perunggu.

Terbiasa dengan air

Mengapa Australia begitu hebat di kolam renang?

Setidaknya ada empat hal yang membuat Australia begitu angker dalam cabang olahraga renang.

Keempat hal itu adalah kondisi geografis, faktor genetik, sains olahraga, dan komitmen pemerintahnya.

Australia yang berluas wilayah 7,688 juta km memiliki wilayah perairan seluas 137 ribu km persegi dan garis pantai sepanjang 59,68 ribu km.

Dengan garis pantai sepanjang itu dan disokong iklim cerah serta akses mudah ke kolam renang, Australia memiliki bekal awal bagus dalam mendapatkan talenta-talenta renang.

Hal itu ditambah faktor genetik penduduknya yang diperoleh melalui evolusi dalam cabang-cabang olahraga air, khususnya dalam meningkatkan massa otot dan rasio lemak tubuh yang memberikan daya apung lebih baik dibandingkan atlet-atlet negara lain.

Menurut Profesor Craig White di Universitas RMIT, penduduk Australia memiliki sifat-sifat genetik lebih unggul yang membuatnya mengungguli para perenang dari berbagai belahan dunia.

Hal itu masih ditambah dengan caranya merangkul sains olahraga, termasuk dalam menentukan formula-formula yang menaikkan performa olahraga.

Salah satu yang mereka lakukan adalah mencermati faktor fisiologis yang penting dalam menentukan performa renang.

Ini karena renang sangat tergantung kepada komponen fisik dan neurologis tubuh manusia, selain juga teknik berenang yang berperan besar dalam mencapai kecepatan maksimum.

Hal penting lainnya adalah peran pemerintah, yang melalui Institut Olahraga Australia (AIS), aktif mengembangkan bakat-bakat renang, memberikan dukungan dan bimbingan, serta akses ke fasilitas-fasilitas kelas dunia.

AIS juga menyediakan program pelatihan khusus renang, membantu perenang mengembangkan potensinya, bahkan menawarkan beasiswa kepada mereka yang ingin memburu karier renang di tingkat internasional.

Terakhir, mereka mengembangkan lingkungan kompetisi yang langgeng yang menghasilkan talenta-talenta super yang baru.

Budaya profesional mereka juga kuat sehingga lingkungan renang pun menjadi sangat kompetitif.

Tinggalkan Balasan