Makin Peduli Penyandang Disabilitas, XL Axiata Gelar Pelatihan Kompetensi Digital dan Program Siap Kerja

Materi literasi digital yang diberikan seputar pengenalan internet dan alat digital. Di mana para peserta diajarkan untuk mengenal internet dan alat digital seperti tablet untuk mendukung pembuatan konten foto dan video yang positif untuk media sosial.

Pelatihan serupa sebelumnya telah digelar di Pesantren Disabilitas Tuli Temanggung, Jawa Tengah dan di Komunitas Disabilitas Netra di Yogyakarta, pada pertengahan 2023. Selain itu, untuk mendukung proses kerja dari pengurus Rumah Quran Isyaroh Bandung, XL Axiata menyalurkan perangkat tablet yang dilengkapi dengan paket data untuk setahun.

Melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK) dari XL Axiata, proses belajar mengajar para santri nantinya akan dilengkapi dengan penyaluran tablet, router, hingga paket data selama satu tahun. Tidak hanya itu, untuk menunjang operasional pengurus Rumah Quran Isyaroh Bandung, XL Axiata juga memberikan dukungan berupa paket data XL dan AXIS selama satu tahun.

Karyawan XL Axiata pun turut aktif berpartisipasi dengan memberikan zakat karyawan yang disalurkan melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL).

Program Disabilitas Siap Kerja

Sementara itu, mengenai Program Disabilitas Siap Kerja, XL Axiata menggelar pelatihan dan pendampingan bagi penyandang disabilitas untuk meningkatkan kapabilitas hingga siap kerja. Melalui program ini, XL Axiata ingin memberikan dukungan kesiapan kerja yang inklusif bagi para penyandang disabilitas.

Menyediakan lingkungan kerja inklusif yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki oleh XL Axiata, yaitu mendukung prinsip Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI).

Rangkaian program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja akan dimulai sejak 30 Juli 2024. Pelatihan akan dilakukan di empat kota besar yaitu, Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta.

Peserta pelatihan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini terdiri dari 105 penyandang disabilitas, yang berasal dari enam mitra komunitas disabilitas lokal yang berasal dari Rumah Difabel/Khadijah Sharaswaty Indonesia Medan, Dilans Indonesia Bandung, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya, FeminisThemis Surabaya, Tim Bisindo dan Aksesibilitas Surabaya, hingga Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Mengenai kesempatan magang, XL Axiata hanya akan memberikan kesempatan magang bagi peserta pelatihan Program Peduli Disabilitas Siap Kerja dan telah lolos seleksi. Peserta terpilih untuk magang akan ditempatkan bekerja di Kantor Pusat XL Axiata dan empat Kantor Region XL Axiata, masing-masing di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Masa pelaksanaan magang akan berlangsung selama enam pekan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan