9 Karakter Laki-laki yang Tidak Layak Dijadikan Suami, Jangan Pilih yang Seperti ini

JABAR EKSPRES – Memilih calon suami yang akan menjadi imam keluarga atau kepala rumah tangga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa karakter laki-laki yang harus dihindari karena dinilai tidak layak untuk dijadikan suami.

Karena suami yang baik akan membawa keluarganya ke surga, dan terhindar dari api neraka. lalu bagaimana jika sang suami sendiri merupakan ahli maksiat, maka bisa jadi satu kelurga akan terjerumus dalam neraka.

Satu hal yang paling penting dalam memilih suami adalah yang tidak meninggalkan sholat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda, “Sesungguhnya batasan antara seseorang dengan kekafiran dan kesyirikan adalah shalat. Barangsiapa meninggalkan shalat, maka sungguh ia tlah kafir” (HR Muslim)

Karenanya kriteria pertama untuk mencari suami adalah yang bagus agamanya, kemudian cari yangs esuai dengan keinginan, misalnya dari ciri fisik, kekayaan, keturunan, pekerjaan, sifat2, umur, domisili, visi misi, kemampuan memberi nafkah, tidak berpoligami, dll.

baca juga : Rencanakan Pernikahan Impianmu dengan Lebih Mudah: Ikuti Tips-tips Berikut!

Hal kedua yang tak kalah penting adalah akhlaknya. Hal ini akan berpengaruh pada setiap perilakunya, karena menikah adalah Ibadah terlama, bahkan bisa seumur hidup, sehingga ahlak akan sangat menentukan arah tujuan keluarga kelak.

Berikut 9 karakter laki-laki yang sebaiknya dihindari jika ingin dijadikan suami :

1. Lelaki yang berani meninggalkan shalat

Orang yang berani meninggalkan shalat, berarti telah berani mengkhianati Allaahﷻ, apalagi amanah manusia. Rasulullah ﷺ bersabda,

“Perjanjian kami dengan mereka adalah shalat. Orang yang meninggalkannya, berarti dia telah kafir.” (HR. At-Tirmidzi)1

Bagaimana engkau dapat mempercayai suami yang tidak memenuhi syarat pertama yang diterapkan oleh Rasulullah ﷺ ,
“Jika datang kepadamu orang yang kau sukai agamanya…”, padahal shalat adalah pilar agama.

2. Lelaki yang gemar melakukan dosa besar

Misalnya, mabuk, berzina dan berjudi. Hidup bersama suami seperti ini sama dengan hidup di dalam neraka. Semoga mereka bertaubat kepada Allaahﷻ, agar Dia mengampuni mereka.

3. Dayyuts

Dayyuts adalah lelaki yang tidak memiliki rasa cemburu kepada istri, dan membiarkan anak-istrinya terjerumus dalam maksiat. Dengan dalih kemajuan zaman, peradaban modern, dan perkembangan dunia, dia melarang istrinya berjilbab karena hal ini dianggapnya kuno dan membolehkan istrinya berjabatan, mengobrol, dan tertawa-tawa dengan laki-laki lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan